DILO Padang Berkalobarasi dengan DILo Pekanbaru pada DFH 2019

(Ist)

PEKANBARU, KLIKPOSITIF Digital Innovation Lounge (DILo) kembali melaksanakan iven DILo Hackathon Festival (DHF) 2019 dengan tema Digitalizing Indonesia pada 23-25 Agustus 2019 lalu.

Kegiatan itu dilaksanakan serentak di 8 Kota besar di Indonesia diantaranya Pekanbaru, Medan, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Malang, Denpasar dan Balikpapan.

baca juga: DILo Hackathon Festival 2020

DFH merupakan kegiatan tahunan yang diinisiasi Telkom Indonesia untuk mengembangkan industri kreatif digital Indonesia. Iven ini diyakini mampu berdampak pada percepatan pembangunan ekonomi digital dan kesejahteraan di Indonesia yang secara tidak langsung akan menciptakan anak muda yang kreatif dan inovatif dalam dunia digital.  

Pada kegiatan tersebut, DILo Kota Padang ikut andil dengan berkolaborasi bersama DILo Kota Pekanbaru melalui 14 tim dengan rincian 12 tim dari DILo Pekanbaru dan 2 dari tim DILo Padang yang dilaksanakan di kantor DILo Pekanbaru pada 24-25 Agustus 2019.

baca juga: Ada Kasus Positif Covid-19, PT Telkom Sumbar Kurangi Layanan Tatap Muka

Dari 14 tim itu, ada 45 orang peserta yang berasal dari beragam kalangan seperti mahasiswa, dosen, guru, freelancer, dan tentunya developer dan hacker dari berbagai kota di Sumbar dan Riau.

Pada iven itu, DILo Pekanbaru dan DILo Padang mengambil tiga sub kategori yakni SBM dan Government, Travel Tourism dan Smart City.

baca juga: Ada Kasus Positif Covid-19, 600 Pegawai PT Telkom Sumbar Diswab

GM Telkom Wilayah Riau Syahril saat membuka kegiatan itu mengungkapkan rasa bangganya karena iven tersebut didominasi oleh anak muda. Menurutnya, mereka yang menjadi peserta dapat menambah potensi Padang dan Pekanbaru sebagai kota yang lebih digital.

“Hal itu tentunya tidak menutup peluang membuka pintu  menjadi Indonesia yang lebih maju lagi,” ungkap Syahril.

baca juga: Daftar Paket Data XL Terbaru Lengkap, Termasuk Kuota Unlimited

Ia menyampaikan dukungannya pada peserta yang akan bertanding dalam membuat rancangan aplikasi yang berbasis IoT atau mobile aplikasi itu.

Peserta yang bertanding dan berhasil menang katanya akan mendapatkan bimbingan untuk memiliki startup sendiri atau mendapatkan investor untuk program digital yang dikerjakannya.

Pemenang dari kegiatan ini diraih oleh ERA Tim yang menjadi juara 1, Smart Health pada posisi kedua dan juara 3 diraih Furgetech. Sementara itu, TriVlog menyabet juara Harapan Satu dan Juara Harapan Dua diraih oleh Tim Pinjemin dari Pekanbaru.

Egi, salah satu peserta dari Padang bersama timnya ERA yang menjadi juara satu dengan menciptakan produk digital bernama “Bar-Bar” yang merupakan produk antri dan booking di BarberShop mengungkapkan rasa syukurnya karena dapat menang dalam iven itu.

“Acara ini memang saya tunggu tiap tahunnya,” katanya.(*)

Penulis: Khadijah