Ini Solusi Facebook untuk Orangtua Guna Keamanan Online Anak-anak

Facebook
Facebook (net)

KLIKPOSITIF -- Tak hanya orang dewasa, keamanan online dalam menggunakan jaringan internet juga harus diberikan kepada anak-anak. Bertepatan pada Hari Anak Nasional 2019, Facebook membagikan cara yang dapat dilakukan dalam mengawasi dan melindungi anak-anak ketika berselancar di internet, terutama dalam menggunakan media sosial.

Para orang tua pun harus memastikan bahwa konten yang dilihat anak-anak bersifat positif dan sesuai dengan umur. Berikut ini enam cara yang bisa dilakukan para orang tua dalam menjaga keamanan online:

baca juga: Wajib Tahu, Ini Hubungan Pola Asuh dan Kecanduan Internet pada Anak

1. Perkenalkan sejak dini
Orang dewasa tidak bisa setiap saat mengawasi konten yang dikonsumsi oleh anak-anak. Oleh karena itu, anak-anak harus diperkenalkan pada dasar-dasar privasi dan keamanan sejak dini sehingga mereka memahami dan membedakan mana yang aman dan yang tidak.

2. Pegang kendali
Memiliki keingintahuan tinggi merupakan sifat alamiah setiap anak. Para orang tua bisa mengunduh perangkat Parental control di semua jenis gadget. Tak hanya itu, disarankan untuk mengaktifkan fitur pemblokir konten dalam koneksi internet, sekaligus mengontrol seberapa banyak waktu yang dihabiskan ketika berselancar secara online.

baca juga: Ini 10 Ponsel Paling Ngebut di Bulan Juli 2020, Punya Kamu?

3. Memberi batasan dan ingatkan anak-anak
Ingatkan anak-anak mengenai waktu yang bisa mereka habiskan untuk mengakses internet. Selain itu, para orang tua juga harus memberi pemahaman bahwa siapapun bisa melihat profil media sosial dan konten yang sudah diunggah akan sangat sulit dihapus.

4. Beri sikap positif
Meski begitu, jangan terlalu melarang anak-anak dalam menggunakan internet. Internet sendiri merupakan sumber yang lengkap bagi anak-anak untuk belajar. Tunjukkan sikap positif dan ajak anak-anak diskusi mengenai website yang sering mereka akses.

baca juga: WhatsApp Luncurkan Fitur Hoax, Cek Fakta Pada Pesan Foward

5. Buat kesepakatan
Pilih waktu yang tepat untuk menyampaikan pesan dan aturan-aturan yang ditetapkan. Hari pertama ketika anak mendapatkan smartphone atau tablet adalah momen paling tepat untuk memberikan panduan aktivitas online yang bisa dilakukan oleh mereka.

6. Konsisten
Aturan yang telah ditetapkan akan menjadi sia-sia jika tidak ada konsistensi. Penting bagi kedua belah pihak, baik orang tua ataupun anak-anak harus mengikuti aturan yang telah disepakati. (*)

baca juga: DILo Hackathon Festival 2020

sumber: Suara.com

Penulis: Agusmanto