Studi: Manusia Butuh Memori Sebesar Disket untuk Belajar Bahasa Pertama

otak manusia membutuhkan memori yang besarnya setara dengan memori cakram flopi atau floppy disk
otak manusia membutuhkan memori yang besarnya setara dengan memori cakram flopi atau floppy disk (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa otak manusia membutuhkan memori yang besarnya setara dengan memori cakram flopi atau floppy disk - disket jadul untuk menyimpan data pada komputer lawas - ketika mempelajari bahasa ibu atau bahasa pertamanya.

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Royal Society Open Science, Rabu (27/3/2019), disebutkan bahwa untuk mempelajari bahasa sejak lahir hingga usia 18 tahun, manusia akan menyerap informasi sebesar 12,5 juta bit.

baca juga: Ini Dua Cara Cadangkan Kontak di Perangkat Android

Bit, kependekan dari binary digit, adalah unit satuan terkecil dalam komputasi digital. Otak manusia menyimpan informasi dalam format yang berbeda dari komputer. Tetapi dalam riset ini, para peneliti menggunakan bit sebagai pembanding.

"Mungkin mengejutkan, tetapi dalam istilah media digital, jumlah pengetahuan kita soal bahasa hampir pas dengan (kapasitas memori) dalam floppy disk," tulis para peneliti dalam riset tersebut.

baca juga: Siri Mendapat Sejumlah Fitur Baru Pada iOS 14

Floppy disk yang dimaksud memiliki kapasitas memori sebesar 1,5 megabytes - bisa menyimpan file lagu dalam format Mp3 sepanjang satu menit. Para peneliti memperkirakan bahwa dalam satu hari, orang dewasa menghafal 1.000 sampai 2.000 bit informasi terkait bahasa pertama mereka. Separah-parahnya, seseorang bisa mengingat informasi sekitar 120 bit per hari.

Dilansir dari laman Live Science, sebagian besar dari informasi yang direkam itu berhubungan dengan arti kata-kata, belum termasuk tata bahasa

baca juga: macOS Baru, Instal Aplikasi Makin Kencang

Penulis: Fitria Marlina