Malaysia Negara Pertama Asia yang Dapatkan Internet Nirkabel Facebook

Tes kecepatan terragraf.
Tes kecepatan terragraf. (Technave)

KLIKPOSITIF - Perusahaan telekomunikasi Malaysia YES dan Facebook bergabung untuk membawa peningkatan konektivitas internet ke Penang, Malaysia . Infrastruktur ini disebut Terragraph dan akan mampu memberikan kecepatan internet hingga 1,3Gbps.

Terragraph pertama kali dikembangkan oleh Facebook pada tahun 2016 dengan tujuan utama membawa kecepatan internet cepat ke daerah pedesaan dan lokasi di mana pemasangan kabel serat tidak memungkinkan.

baca juga: Fitur Baru WhatsApp Telah Dirilis, Pesan Hilang Otomatis Setelah Sepekan

Teknologi ini memiliki manfaat besar dibandingkan kabel. Tidak seperti menara sel dan stasiun pangkalan, Terragraph menggunakan node kecil yang mengirimkan sinyal ke perangkat kami. Node-node ini dapat dipasang secara harfiah di mana saja dari tiang-tiang jalan ke atap rumah.

Selain itu, ia menggunakan spektrum broadband 60GHz baru yang memungkinkan kecepatan seperti gigabit secara nirkabel. Secara teori, spektrum 60GHz bisa mencapai kecepatan hingga 8Gbps.

baca juga: WhatsApp Versi Bisnis Kini Dilengkapi Tombol Belanja Langsung

Terakhir, biayanya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan cara lain untuk menyediakan koneksi internet ke suatu daerah, terutama karena tidak memerlukan perubahan atau penambahan infrastruktur jaringan daerah tersebut.

Namun, ada kerugian pada band 60Ghz yakni ereka memiliki kisaran yang relatif kecil. Untuk mengimbangi masalah ini, banyak node akan dipasang di lokasi sehingga kekuatan sinyal dapat tetap konsisten.

baca juga: Viral Cuitan Kontroversial Mantan Perdana Menteri Malaysia di Twitter, Ini Isinya

Dilansir dari lman mashable, YTL, pemilik YA, menyatakan bahwa ini akan menjadi uji coba pertama Terragraph di Asia dan diluncurkan 18 Februari lalu .

Namun, Malaysia bukan negara pertama yang menerima teknologi jaringan baru ini. Tes Terragraph yang pertama dilakukan di Mikebuda, Hongaria, dan mampu meningkatkan kecepatan internet desa dari 5Mbps menjadi 650Mbps.

baca juga: Facebook Berikan Bantuan untuk Usaha Kecil, Begini Cara Mendapatkannya

Pengujian akan secara resmi dimulai pada 1 Maret, dan akan berjalan selama 6 bulan. Warga negara akan mendapatkan akses ke WiFi publik gratis dan akses nirkabel tetap untuk pengguna uji coba terpilih selama periode pengujian.

Penulis: Fitria Marlina