Pie Baru Diluncurkan, Google Kembangkan Android Q

Ilustrasi
Ilustrasi (The Verge)

TEKNO, KLIKPOSITIF -- Meski sistem operasi  Android Pie belum lama meluncur, Google ternyata sudah menggarap sistem operasi anyar, yakni  Android Q.

Dilansir dari The Verge, menurut laporan XDA Developer,  Android Q memiliki fitur-fitur baru, salah satunya berkaitan dengan perlindungan privasi yang lebih baik bagi pengguna Android Q.

baca juga: Google Beri Update Baru untuk macOS Big Sur

XDA Developer juga membagikan penemuan tentang izin dalam kerangka kerja Android Q. Perubahan izin yang paling menarik adalah soal video klip.

Hingga saat ini, XDA Developer mengatakan aplikasi mampu mengakses clipboard pengguna dan membaca apapun yang tersimpan dalam clipboard itu.

baca juga: Sentuhan Baru YouTube Music, Bisa Dukung Stories Instagram dan Snapchat

Izin untuk Android Q mungkin mencegah aplikasi mengakses clipboard di latar belakang dan hanya memberikan akses ke aplikasi yang ditugaskan oleh OEM.

XDA juga mengatakan menemukan kode yang terkait dengan identifikasi wajah, sistem yang mirip dengan Face ID milik Apple.

baca juga: Google Berikan Fitur Baru di Maps untuk Pesepeda

Tak hanya itu, sebelumnya menurut laporan Phone Arena, Android Q juga akan membawa fitur dark mode atau mode gelap. Konon, fitur ini bisa menekan pemakaian konsumsi daya smartphone hingga 50 persen.

Pada klaim penghematan daya itu, sebelumnya Phone Arena telah melakukan uji coba dengan menggunakan Google Pixel 3.

baca juga: Benarkah Jaringan 5G Timbulkan Risiko Kesehatan? Simak Dulu Kata Ahli Ini

Pada tes ini, tingkat kecerahan layar pada perangkat mulanya diatur pada kecerahan rata-rata di titik yang tetap.

Selanjutnya, mereka mengubah tema antarmuka smartphone ke dark mode. Hasilnya, aplikasi bawaan ponsel bisa dijalankan dengan pemakaian daya yang lebih irit hingga 50 persen. Android Q sendiri diharapkan akan meluncur pada pertengahan 2019.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa