Tahun 2019, Garuda Indonesia Group Siapkan Internet Gratis Selama Penerbangan

ilustrasi kabin pesawat
ilustrasi kabin pesawat (net)

KLIKPOSITIF -- Kabar gembira untuk para penggemar maskapai penerbangan Garuda dan Citilink. Karena mulai 2019 mendatang, penumpang Garuda dan Citilink bisa menikmati koneksi internet gratis dalam penerbangan. Mengenai koneksi internet gratis bagi penumpang Garuda dan Citilink ini, telah diumumkan Garuda Indonesia Group di Jakarta.

"Nantinya pengguna jasa Garuda Indonesia dan Citilink dapat menikmati layanan akses internet secara cuma-cuma di seluruh penerbangan Citilink dan seluruh penerbangan domestik Garuda Indonesia ," kata Direktur Layanan Garuda Indonesia , Nicodemus Panarung Lampe.

baca juga: Pemerintah Akan Naikkan Jumlah Penumpang Pesawat Hingga 70 Persen

Dia menjelaskan layanan internet gratis tersebut merupakan kerja sama Garuda Indonesia dengan Mahata Aero Tekhnologi (Mahata). Untuk menyediakan fasilitas itu, Garuda Indonesia Group akan melengkapi armada pesawatnya dengan layanan GX Aviation Sistem yang merupakan produk dari Inmarsat Aviation.

Alat ini memungkinkan penumpang untuk menjelajah internet dan berlayar di media sosial selama penerbangan. GX Aviation adalah layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi pertama dan satu-satunya di dunia yang dikirimkan melalui jaringan High-Throughput Satellites (HTS).

baca juga: Diberi Nama Seperti Nama Perusahaan, Bayi Dapat Internet Gratis 18 Tahun

Layanan konektivititas ini sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Inmarsat bekerjasama dengan Lufthansa Technik sebagai penyedia perangkat keras, teknik, desain, dan sertifikasi untuk proyek tersebut, sementara Lufthansa System sebagai integrasi perangkat lunak.

"Layanan ini sejalan dengan komitmen dari Garuda Indonesia Group sebagai maskapai nasional yang terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan penumpang khususnya di era digital," katanya.

baca juga: Stimulus Pemerintah, PSC Dihapus untuk Dorong Minat Transportasi Udara

Pada 2013, Garuda Indonesia bekerja sama dengan beberapa penyedia layanan, telah menyediakan layanan wifi pada seluruh armada B777-300ER dan beberapa jajaran armada Airbus A330 Garuda Indonesia yang digunakan untuk melayani rute-rute penerbangan Internasional. (*)

sumber: HiTekno

baca juga: Benarkah Jaringan 5G Timbulkan Risiko Kesehatan? Simak Dulu Kata Ahli Ini

Penulis: Agusmanto