Para Jomblo Bersiaplan Sambut Facebook Dating Untuk Cari Pasangan

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Facebook siap membantu Anda menemukan kencan. Jaringan sosial pada hari Kamis (20/9/2018) waktu setempat meluncurkan Facebook Dating, layanan perjodohan yang diumumkan pada bulan Mei lalu.

Mulai Kamis, pengguna Facebook di Kolombia dapat membuat profil kencan. Setelah perusahaan berpikir telah cukup mengumpulkan profil, kemudian akan mulai mencocokkan satu sama lain. Facebook tidak akan mengungkapkan dengan tepat berapa banyak profil yang awalnya diinginkan dalam sirkulasi atau garis waktu untuk memulai pencocokan.

baca juga: Agam Terkoneksi, Bupati: Internet Gratis Hingga Pelosok Nagari

Dalam pengumuman ini belum diinformasikan kapan layanan ini akan dibuka ke pasar lain. Cara kerjanya fitur kencan ini adalah bagian dari aplikasi utama Facebook dan merupakan layanan gratis.

Anda akan dapat menemukan fitur di menu utama Facebook , di samping layanan lain seperti Grup, Acara atau Marketplace. Sesampai di sana, Anda dapat membuat profil dengan menambahkan gambar, detail pribadi seperti lokasi dan di mana Anda pergi ke sekolah, dan menjawab pertanyaan santai lain, "Seperti apa hari sempurna Anda?".

baca juga: iOS 14 Dirilis, YouTube Hapus Fitur Picture In Picture

Fitur ini terpisah dari profil Facebook reguler Anda. Tidak seperti pesaing Tinder atau Bumble, tidak ada yang menggesek ke kiri atau ke kanan untuk menyukai atau menolak kecocokan potensial.

Sebaliknya, Anda harus menggulir ke bawah melalui profil seseorang dan ketuk jika tertarik. Anda hanya akan melihat orang-orang yang bukan teman Facebook Anda atau orang-orang yang berteman dengan teman.

baca juga: Akan Kembangkan Mobil Terbang, GM Jajaki Pasar Taksi Udara

Asumsinya adalah bahwa Anda sudah mengenal teman-teman Anda, yang menjadi keuntungan dari jaringan Facebook . Hal ini juga membantu menghindari kecanggungan dengan teman kencan Anda nanti.

Facebook mengatakan, tujuannya adalah membantu pengguna membuat koneksi yang langgeng dan bukan hanya mencari koneksi.

baca juga: Moto G9 Plus Akhirnya Rilis, Harganya Segini

"Kami ingin menjadikannya jelas orang-orang yang Anda pertimbangkan. Ini bukan hanya profil. Ini seharusnya tentang hubungan, bukan hanya cinta satu malam," kata Nathan Sharp, manajer produk untuk Facebook Dating.

Facebook mengejutkan dunia ketika meluncurkan layanan ini pada bulan Mei lalu selama konferensi pengembang F8. Itu karena jaringan sosial terbesar di dunia dan CEO-nya, Mark Zuckerberg, telah diteliti atas praktik pengumpulan data penggunanya dan apakah itu benar-benar dapat menyimpan semua data yang dikumpulkannya tentang lebih dari 2,2 miliar penggunanya.

Fokus itu mengikuti skandal di bulan Maret atas Cambridge Analytica, konsultan digital yang berbasis di Inggris yang memanen data dari 87 juta pengguna Facebook tanpa izin mereka.

Kontroversi tersebut menyebabkan banyak orang bertanya-tanya apakah Facebook dapat dipercaya dengan informasi pribadi. Facebook mengatakan, tidak ada data dari layanan kencan yang akan digunakan untuk penargetan iklan. Jika Anda menghapus profil Facebook Dating Anda, data juga akan dihapus.

Facebook mengatakan 200 juta orang di Facebook memiliki status hubungan "single". (*)

Sumber: Suara.com/Cnet

Penulis: Eko Fajri