Mengenal Lebih Dalam Teknologi Hybrid di Motor All New Honda PCX

All New Honda PCX Hybrid
All New Honda PCX Hybrid (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Main dealer sepeda motor Honda di Sumbar, PT Hayati Pratama Mandiri  secara resmi telah meluncurkan versi terbaru dari All New PCX Hybrid 2018 di pusat perbelanjaan Transmart, Kota Padang. Motor ini dibangun dengan teknologi pemacu tenaga yang bersumber dari energi listrik.

Motor ini dilabeli dengan nama All New Honda PCX Hybrid. Secara kasat mata, motor tersebut tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan Honda PCX yang diluncurkan pada 11 Maret 2018 lalu.

baca juga: Usai Berkutat dengan Cedera, Marquez Dinyatakan Fit untuk Tes Pra Musim MotoGP 2022

Namun PCX yang versi Hybrid ini memiliki keunggulan dari sisi pendorong tenaga (assist) yang dilahirkan oleh mesin 150 cc-nya. Sales Force Management PT Hayati Pratama Mandiri mengatakan Dirja M Iqbal, teknologi Hybrid di motor PCX buatan dalam negeri ini bersumber dari sebuah baterai Lithium-Ion yang terpasang di motor.

Baterai tersebut berfungsi untuk mendorong kekuatan mesin selama beberapa detik ketika pengendara mengaktifkan mode Sport. Secara spontan, baterai itu akan menyuntikkan tenaga begitu mode tersebut aktif.

baca juga: Yamaha Siapkan Motor Listrik Baru Calon Pesaing Honda PCX Elektrik

"Baterai tersebut memiliki kapasitas 50 ampere yang bisa mendongkrak tenaga motor begitu mode Sport diaktifkan. Tenaga yang dilahirkanpun lebih besar dari normalnya," katanya pada KLIKPOSITIF .

Dirja menjelaskan, begitu mode Sport diaktifkan pengendara cukup membetot gas motor, maka secara otomatis, baterai Lithium-Ion tersebut akan mensuplai tenaga tambahan ke ACG Starter (Alternating Current Generator).

baca juga: Tak Harus Operasi, Begini Kondisi Marc Marquez Pasca Jatuh Saat Latihan

"Bantuan tenaga tersebut akan dirasakan oleh pengendara selama 3 detik. Hal itu cukup efektif saat pengendara ingin menyusul kendaraan lain," ucap Dirja.

Teknologi ini bisa digunakan beberapa kali selama listrik pada baterai Lithium-Ion masih ada. Namun pengendara tidak usah cemas ketika baterai kehabisan daya. Sebab, baterai melakukan pengisian secara langsung begitu selesai digunakan.

baca juga: Honda Beri Sentuhan Baru untuk Honda Winner X 2022

Begitu pula saat pemakaian, pengendara masih mengaktifkan teknologi Hybrid meskipun daya baterai tidak terisi penuh. Untuk melihat kapasitas baterai bisa dilihat pada bagian speedometer.

"Baterai Lithium-Ion ini akan terisi secara otomatis saat motor nyala. Saat kosong, pengisiannya bisa sampai 15 menit hingga penuh. Namun waktun pengisian fluktuatif, tergantung masa pengisian," papar dia.

Lantas terkait umur baterai, Honda mengklaim baterai Lithium-Ion pada motor Honda PCX Hybrid ini tahan hingga 8 tahun pemakaian. Hanya saja, pengendara diminta untuk merawat teknologi ini dengan sangat hati-hati.

"Ini teknologi baru, jadi perlakuannya juga khusus. Kami minta pemilik tidak mengotak-atiknya sembarangan, tidak bisa asal bongkar," lanjut Dirja seraya menambahkan jumlah motor Hybrid yang tidak diproduksi secara massal.

"Motor ini terbatas, produksinya tidak banyak. Untuk di Sumbar sendiri, baru ada satu unit dan itupun sudah terjual," pungkasnya kemudian. Untuk harga pun, motor ini lebih mahal dibanding dengan All New PCX yang biasa. Motor ini dibanderol dengan harga Rp40,4 juta (on the road Sumbar).(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa