Tidak Hanya untuk Berfoto, Ternyata Ini Kegunaan Lain dari Kamera Smartphone

ilustrasi smartphone yang kameranya digunakan untuk AR.
ilustrasi smartphone yang kameranya digunakan untuk AR. (internet)

KLIKPOSITIF -- Kamera smartphone keluaran terbaru saat ini berlomba-lomba untuk menciptakan kamera terbaik untuk memuaskan penggunanya. Hal ini karena menjamurnya pengguna media sosial yang lebih memfokuskan pada konten foto maupun video.

Semakin detail dan terlihat nyata hasil fotonya, maka smartphone tersebut banyak diburu. Namun, nyatanya kamera smartphone saat ini nggak cuma bisa kamu gunakan buat foto lho. Selain untuk selfie, berikut manfaat lain dari kamera smartphone yang sudah dirangkum HiTekno. Yuk simak!

baca juga: Facebook Diberitakan Akan Ganti Nama, Ini Perkiraan Nama Barunya

Dimanfaatkan untuk Fitur Augmented Reality
Fitur Augmented Reality ini akan memberikan tampilan dunia dari sudut pandang smartphone dengan tampilan grafik digital. Untuk menikmati AR, kamu bisa mulai dengan aplikasi Snapchat untuk menampilkan berbagai stiker AR. Selain aplikasi Snapchat, kamu juga bisa mencoba beberapa aplikasi lain seperti PGA Tour AR yang menempatkan lubang golf di atas permukaan terdekat di sekitar kamu. Aplikasi Inkhunter juga memungkinkan kamu melihat tato pada kulitmu sebelum kamu menerapkannya di tubuh kamu.

Menerjemahkan Tulisan
Kamu dapat menerjemahkan tulisan tanpa aplikasi Google Translate lho. Unduh aplikasi Bixby Vision, fitur ini sudah ada di kamera smartphone Samsung Galaxy S8. Tapi kamu juga bisa mencobanya kok, kamu hanya perlu mengarahkan kamera kamu di teks asing, rambu-rambu dan dokumen yang akan kamu terjemahkan. Dengan otomatis, kamera kamu akan menampilkan terjemahan dari kalimat asing tersebut.

baca juga: Produksi CPU Sendiri, Apple Resmi Hentikan Jual Produk dengan CPU Intel

Melihat Rasi Bintang
Dengan aplikasi Star Walk 2 ini memungkinkan kamu mendapatkan hamparan visual dan memberi informasi kamu mengenai objek apa yang kamu lihat di luar angkasa. Kamu cukup mengarahkan kamera smartphone kamu di langit, maka kamu akan mengetahui rasi bintang apa saja yang sedang kamu lihat malam itu.

Digitalisasi Dokumen Cetak
Berkat kamera smartphone yang semakin canggih, kamu bisa memindai semua hal dari laporan sampai kartu nama untuk disimpan di penyimpanan ponsel kamu. Kamu bisa menyimpan beberapa dokumen penting di Google Drive dan memudahkan kamu menemukannya kembali kemudian hari.

baca juga: Siapkan Fitur Baru, Pengguna Clubhouse Bakal Bisa Dengarkan Musik

Mengakses Website Melalui Foto
Kamu juga dapat dengan mudah mengakses informasi hanya melalui sebuah foto. Caranya adalah dengan memotret kode QR- kotak-kotak yang dipenuhi moasik ubin hitam dan putih acak yang akan memberi kamu jalan pintas membuka website yang bersangkutan dengan sebuah informasi. Kode QR biasanya ada pada menu, paket, poster, brosur dan rang-barang lainnya saat ini. Untuk kamu yang tidak memiliki aplikasi bawaan dari smartphone kamu, kamu bisa mendownload aplikasi khusus yang dapat kamu gunakan untuk membaca kode QR.

Mencari Informasi Lengkap
Dengan teknologi Google Lens yang ditambahkan ke Google Photos, kamu dapat mengambil gambar apa saja dan mendapatkan informasi mengenai objek tersebut. Perangkat lunak ini akan mengenali objek foto dan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Keren kan? hal ini dapat membantu kamu mendapatkan informasi singkat mengenai sesuatu hal yang baru untuk kamu. (*)

baca juga: Pengguna Instagram Bisa Jadwalkan IG Live dengan Fitur Live Scheduling, Begini Cara Menggunakannya

Penulis: Agusmanto