Baidu Targerkan Produksi Massal Mobil Tanpa Sopir

Mobil tanpa sopir Baidu
Mobil tanpa sopir Baidu (net)

KLIKPOSITIF - Senior Vice President Baidu Wang Jing menyebutkan rencana perusahaannya untuk memproduksi mobil tanpa sopir secara massal. Menurut dia rencana ini bisa terealisasi dalam kurun waktu lima tahun.

Menurut dia potensi pasar mobil tanpa sopir ini cukup besar dan bisa menampung semua pihak yang bermain di bidang ini. Dua perusahaan yang tengah mengembangkan teknologi ini adalah Google dan Baidu.

baca juga: Ini Syarat Diskon Pajak Barang Mewah untuk Kendaraan Bermotor

Baidu adalah mesin pencari di China dengan pangsa pasar lebih dari 80 persen. Saat ini perusahaan ini masih menguji teknologi mobil tanpa sopirnya di jalan-jalan kota Beijing, Wuhu, dan Shanghai. Wang merencanakan Baidu bisa diuji di 10 kota berbeda di seluruh China agar bisa menempuh kondisi cuaca, jalanan, dan lalu lintas beragam.

Wang menuturkan salah teknologi yang tenga diuji adalah fitur komunikasi antarsopir. Baik pengemudi manusia ataupun mobil tanpa sopir lainnya. “Mobil tanpa sopir sekarang masih belum bisa menanggapi polisi yang melambai ke arah Anda,” kata Wang.

baca juga: Kawasaki Ninja H2 SX Uji Kemampuan Fitur Radar

Wang mengkaliam keuntungan utama mobil tanpa sopir adalah keamanan yang lebih tinggi, mengingat 93 persen kecelakaan di China disebabkan oleh faktor kesalahan manusia. Mobil tanpa sopir Baidu nantinya akan turut dibekali dengan kemudi. Wang mengatakan alat itu sebenarnya tidak diperlukan, tapi bisa dipakai oleh pemilik.

Penulis: Ramadhani