Ini Smartphone Pertama Motorola yang Tercanggih pada Masanya

Motorola seri A920
Motorola seri A920 (Phonearena.com)

KLIKPOSITIF -- Walaupun Motorola pelopor sistem operasi Android, namun smartphone pertamanya menggunakan sistem operasi Symbian.

Motorola meluncurkan smartphone pertamanya dalam dua seri, yaitu A920 dan A925. Kedua ponsel tersebut diluncurkan pada awal dan akhir tahun 2003 silam.

baca juga: Moto G9 Plus Akhirnya Rilis, Harganya Segini

Smartphone ini memiliki layar cenderung kecil, dikelilingi dengan banyak tombol, memiliki antena eksternal, serta bodi yang sangat tebal.

Walaupun demikian, A920 dan A925 adalah salah satu smartphone tercanggih pada masanya. Kemampuan komunikasinya sudah didukung teknologi 3G dengan kamera depan VGA (208 x 320 piksel) untuk panggilan video dan layar sentuh dengan resolusi warna 65k serta pena stylus.

baca juga: Harga Motorola RAZR 2019 Dibanderol Rp23 Juta, Anda Berminat?

Tak hanya itu, kedua ponsel tersebut memiliki A-GPS serta Bluetooth, namun tidak membekalinya dengan koneksi WiFi. Untuk dapur pacunya smartphone perdana Motorola ini dibekali dengan prosesor single core TI OMAP 168 Mhz, memori internal 8 MB dan 12 MB, serta memori SD 32 MB.

Sebagai informasi, Motorola dulunya dikenal sebagai salah satu produsen ponsel terlaris. Salah satu produk Razr yang terjual hingga jutaan unit setiap hari.

baca juga: Moto G4 Plus Klaim Bisa Pakai Android O

Penulis: Qalbi Salim