Fujifilm X-A5 Mirrorless Baru Dukung Video 4K

ilustrasi: Fujifilm X-A5
ilustrasi: Fujifilm X-A5 (net)

KLIKPOSITIF - Fujifilm kembali merilis generasi baru kamera mirrorless entry-level dengan seri X-A5. Fujifilm X-A5 dibekali dengan sejumlah fitur anyar yang belum pernah ada di kamera mirrorless dari seri X-A.

Salah satu fitur menariknya adalah teknologi on-chip phase-detect autofocus untuk mempercepat proses penguncian fokus saat memotret. Sistem Hybrid AF (phase detect dan contrast detect) pada X-A5 diklaim mampu melakukan fokus dua kali lebih cepat dibandingkan model sebelumnya. Fitur ini juga bisa membantu kamera elakukan subject tracking.

baca juga: Apple Disebut Belum Rilis AirPods 3 dan AirPods Pro 2 Tahun Ini

X-A5 adalah penerus dari model sebelumnya, X-A3 yang diperkenalkan pada pertengahan 2016. Kamera ini memiliki kemampuan merekam video 4K resolusi tinggi, meski hanya dengan frame rate 15 FPS dan durasi 5 menit.

Untuk video resolusi full-HD (1080p), Fujifim X-A5 mampu merekam dengan frame rate hingga 60 FPS selama 14 menit. Fujifilm X-A5 dilengkapi sensor gambar APS-C 24 megapiksel yang memiliki filter warna Bayer konvensional, bukan X-Trans seperti kamera mirrorless lain dari Fujifilm.

baca juga: Kena Aturan Pajak, Harga Aplikasi di App Store Naik

Rentang sensitivitasnya (native) ISO 200 hingga 12.800. X-A5 mempertahankan gaya retro dengan LCD touchscreen 3 inci yang bisa dilipat 180 derajat hingga menghadap ke depan untuk mempermudah pemotretan selfie. Fujifilm turut menambahkan konektor untuk menancapkan mikrofon eksternal.

Seiring dengan kamera ini Fujifilm juga memperkenalkan lensa “powerzoom” pertamanya, XC-15-45 mm f/3.5-5.6 OIS PZ. Seperti kamera saku, fungsi zooming di lensa ini dijalankan oleh motor elektrik. Lensa ini disebut sebagai lensa zoom terkecil dan teringan dari Fujifilm.

baca juga: Chrome Kini Punya Fitur Dark Mode

X-A5 dengan lensa powerzoom XC-15-45 mm f/3.5-5.6 OIS PZ dibanderol oleh Fujifilm seharga 600 dollar AS atau sekitar Rp 8,1 juta. Keduanya akan mulai dijual di pasaran dunia mulai bulan ini.

Penulis: Ramadhani