Saingi Youtube Facebook Buat Aplikasi Facebook Creator

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Facebook meluncurkan aplikasi baru berupa Facebook Creator beberapa waktu lalu. Aplikasi ini menyasar para pembuat konten video. Tujuannya agar pengguna Facebook bisa memproduksi dan mempromosikan konten video mereka.

Facebook Creator disebut juga sebagai upaya Facebook menyaingi YouTube. Rencana Facebook melakukan ekspansi ke pasar penciptaan video juga telah diumumkan sejak Juli lalu. Kini Facebook menjanjikan aplikasi Facebook Creator mulai dapat digunakan dalam beberapa bulan mendatang.

baca juga: Apa Beda Repeater, Booster, atau Extender Wi-Fi?

Facebook Creator sebetulnya dapat dibilang sebagai rebranding dari aplikasi Facebook Sense yang sudah ada sejak 2014. Namun, layanan ini sebelumnya terbatas pada akun tertentu yang telah diverifikasi oleh Facebook.

Dengan aplikasi ini pengguna dapat mengunggah intro seperti lagu latar dan sambutan yang sebelumnya telah disediakan. Pengguna dapat melakukan siaran langsung dan membagikan video mereka tanpa harus mengedit video terlebih dahulu. Selain itu reaksi penonton tentang video yang dibagikan juga bisa diketahui.

baca juga: WhatsApp Uji Lagi Fitur Baru Bernama Reactions

Aplikasi ini membawa fitur unified inbox yang memungkinkan pemirsa mengirimkan pesan bersifat privat kepada pencipta video. Pengguna juga bisa melakukan perubahan di kolom komentar mereka dengan media sosial lain seperti Facebook dan Instagram. Dengan demikian, pemilik kanal dapat menghapus komentar kasar di video mereka tanpa harus berpindah ke media sosial lain.

Pengguna dapat melakukan cross-posting Stories ke aplikasi lain seperti Instagram dan Twitter. Ada juga fitur Analitycs yang dapat melihat demografi penggemar, serta saran dari Facebook tentang brand apa yang kira-kira dapat meng-endorse mereka. Namun Facebook tidak menambahkan fitur Subscribe pada aplikasi ini

baca juga: iPhone Jadi Ponsel Terlaris di Cina

Penulis: Ramadhani