Pemerintah AS Minta Apple dan Google Bantu Akses Perangkat

Apple memperdebatkan soal permintaan pengadilan dalam membantu kasus narkoba di Brooklyn
Apple memperdebatkan soal permintaan pengadilan dalam membantu kasus narkoba di Brooklyn (Net)

KLIKPOSITIF - Pemerintah American Civil Liberties Union (ACLU) telah mengidentifikasi 63 kasus di Amerika. Pemerintah federal meminta pengadilan agar menarik Apple atau Google membantu memangkas perangkat yang telah disita selama masa penyelidikan.

Dilansir dari laman reuters, kasus-kasus utama yang muncul adalah penyelidikan mengenai kejahatan narkoba. ACLU mengatakan, permintaan pemerintah mengenai hal itu termasuk cukup wajar. Sementara itu, perwakilan dari Departemen kehakiman dan pihak Apple menolak berkomentar mengenai itu.

baca juga: Pengguna iOS 15 Keluhkan Sejumlah Masalah Bug

Seorang juru bicara Google menolak mengatakan seberapa sering ia telah bekerjasama atas semua permintaan atau surat perintah Undang-Undang dan seberapa sering hal itu mereka dapatkan.

Departemen Kehakiman mengungkapkan sebelumnya bahwa Apple telah menerima 70 perintah pengadilan yang mengharuskan mereka memberikan bantuan sejak tahun 2008 lalu dengan mematuhinya tanpa merasa keberatan.

baca juga: MacBook Pro 14 dan 16 Inci Apple Akan Gunakan Layar Resolusi Tinggi

Namun sejak Oktober lalu, Apple memperdebatkan soal permintaan pengadilan dalam membantu kasus narkoba di Brooklyn. Sejak itu, Apple menolak beberapa permintaan pemerintah lainnya dalam membantu mengakses perangkat di seluruh negeri.

Perusahaan itu mengatakan seorang hakim di Brooklyn setuju dengan Apple dan memutuskan Kogres itu bahwa pemerintah tidak berwenang meminta dan menuntut bantuan pada perusahaan itu.

baca juga: Apple Rilis Update Baru iOS 12, Tingkatkan Keamanan Terhadap Spyware Pegasus pada iPhone Lama

Sementara itu, Departemen Kehakiman telah mengajukan banding atas keputusan itu. {Khadijah}

Penulis: Fitria Marlina