Sponsored Song, Fitur Iklan Musik Baru Spotify

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Spotify memasang rencana baru untuk meningkatkan jumlah penggunanya. Jika sebelumnya sudah melakukan kerjasama dengan para label musik untuk membuat konten album baru hanya dapat dinikmati pengguna Premium di awal rilis, kini Spotify sedang mencoba fitur Sponsored Song.

Dilansir dari Engadget fitur ini akan terselip di antara playlists yang sedang diputar oleh pengguna. Boleh juga disebut metode iklan ini bersifat pay-to-play bagi label musik atau musisi yang menggunakan jasa tersebut.

baca juga: Apa Beda Repeater, Booster, atau Extender Wi-Fi?

Lagu yang diiklankan akan masuk ke Playlists yang sudah dibuat atau follow, untuk diputar oleh para pengguna Spotify di dunia. Pengguna bisa memilih untuk masuk ke lagu berikutnya jika tidak ingin mendengarkan musik dari pengguna jasa iklan tersebut.

Sistem iklan ini bisa dibilang meniru konsep daftar lagu di radio. Misalnya musisi yang sedang hits, melakukan promosi kepada sebuah radio dan meminta penyiar alias DJ untuk memutar lagu tersebut secara lebih sering dalam waktu tertentu misalnya.

baca juga: WhatsApp Uji Lagi Fitur Baru Bernama Reactions

Bagi pengguna Spotify Premium, satu atau dua lagu yang asing dari Playlist bukan hal rumit yang harus dilewati.Lain ceritanya pada pengguna gratisan yang artinya tidak bisa sembarangan mengganti lagu atau Skip Track, karena keterbatasan yang diberikan oleh Spotify untuk para pelanggan gratis.

Secara tidak langsung, metode Sponsored Song ini juga mengajak pengguna beralih dari akses Spotify secara gratis menjadi Spotify Premium sembari memberikan kesempatan beriklan untuk para musisi dan label musik .

baca juga: iPhone Jadi Ponsel Terlaris di Cina

Penulis: Ramadhani