Spotify Raih Rekor 140 Juta Pengguna

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Spotify melaporkan capaian rekor baru pengunjungnya yang pada hari ini tercatat mencapai 140 juta pengguna aktif dalam sebulan. Pencapaian ini termasuk rekor, karena Spotify baru mendapatkan pengguna aktif sebesar 100 juta di akhir Juni 2106.

Ini juga menunjukkan dalam setahun ada pertumbuhan pengguna sebesar 40 juta – baik dalam mode berlangganan atau akses gratis saja. Namun Spotify tidak memberikan penjelasan mengenai perbandingan pengguna Spotify versi gratis dan Spotify Premium.

baca juga: WhatsApp Uji Lagi Fitur Baru Bernama Reactions

Jumlah pengguna Spotify Premium, terakhir tercatat ada di angkat 50 juta pengguna pada akhit Maret 2017. Apple Music sebagai salah satu pesaingnya, masih berada di angka yang cukup jauh. Dalam salah satu sesi Keynote WWDC 2017, Apple menjelaskan bahwa pengguna Apple Music sudah mencapai angka 27 juta pelanggan.

Apple Music memang tidak memberikan sistem gratisan seperti Spotify, namun berupa masa uji coba 3 bulan pertama dengan sistem penarikan biaya untuk bulan keempat pada awal pendaftaran. Setelah itu pengguna dapat melanjutkan langganan Apple Music dengan biaya $9.99 setiap bulan. Persaingan Apple Music dan juga Spotify sudah berlangsung cukup lama. Baik dari kedua nama besar penyedia layanan tersebut hingga para musisi yang merasa nyaman dengan sistem gratisan di Spotify.

baca juga: iPhone Jadi Ponsel Terlaris di Cina

Penulis: Ramadhani