Cara Merecharge Komputer Mac Lebih Cepat

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Baterai pada perangkat elektronik menjadi komponen yang vital. Tanpa kualitas atau daya tahan baterai yang bagus, kinerja bisa terganggu. BErikut ini ada beberapa cara untuk membuat proses charging pada komputer Mac bisa lebih cepat.

Cara yang paling efektif untuk charging lebih cepat adalah mengisi baterai saat komputer dalam kondisi sleep atau saat sedang mati. Dengan begitu tidak ada penggunaan baterai ke hardware komputer lain sehingga proses pengisian bisa berlangsung lebih cepat.

baca juga: Ini 10 Rekomendasi HP Untuk Gaming dengan Harga Murah dan Kwalitas Baik

Cara mengecek baterai sudah terisi penuh atau belum juga sangat mudah. Bagi pengguna komputer Mac dengan charger MagSafe 1 dan MagSafe 2, silahkan lihat lampu indikator di bagian ujung yang menempel ke komputer Mac. Warna hijau sebagai tanda listrik sudah penuh dan orange sebagai tanda masih dalam proses pengisian baterai.

Bagi pengguna MacBook Pro non Retina Display, untuk mengetahui kondisi baterai bisa dengan menekan tombol indikator baterai di sisi kiri perangkat. Tapi bagi MacBook dan MacBook Pro baru yang menggunakan charger dengan konektor USB-C, harus menyalakan perangkat dan melihat indikator baterai dari Menu Bar untuk mengetahui konsis baterai.

baca juga: Twitter Rilis Fitur Pembatasan Membalas Cuitan untuk Pengguna iOS

Cara yang kedua adalah lakukan pengaturan sederhana jika ingin mengisi ulang baterai saat komputer digunakan. Cek aplikasi yang paling banyak menggunakan baterai dengan cara tekan ikon baterai di Menu Bar. Nantinya akan tampil tulisan Significant Energy dengan ikon aplikasi tersebut. Jika memang sedang tidak digunakan namun menjadi aplikasi yang paling menyedot penggunaan baterai, silahkan keluar dari aplikasi itu agar proses pengisian baterai lebih cepat.

Tips lain adalah mengelola beberapa pengaturan seputar koneksi. Matikan Wi-Fi atau Bluetooth jika tidak sedang digunakan, kurangi tingkat kecerahan layar hingga batas minimal yang masih tetap nyaman untuk dipandang, matikan backlight keyboard serta cabut beragam perangkat tambahan yang terhubung ke komputer seperti Flash Drive, Hard Disk External dan juga memory card misalnya.

baca juga: Dianggap Tiru Logo, Apple Tuntut Perusahaan Prepear

Pengaturan Energy Saver di aplikasi System Preferences juga bisa digunakan untuk mengelola beberapa hal lainnya. Seperti mengijinkan Hard Disk untuk masuk ke Sleep Mode jika sedang tidak digunakan dan juga Power Nap

Penulis: Ramadhani