Google Hubungkan Dunia Online dan Offline Melalui Iklan Baru

Ilustrasi
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF - Google sedang menguji cara untuk mengikat iklan online ke pembelian toko bata dan mortir. Hal ini sebuah langkah yang merangsang selera pemasaran yang jug memicu kekhawatiran terhadap privasi.

Sebuah produk bernama " Google Attribution" diresmikan pada konferensi pemasaran bulan ini di San Francisco oleh raksasa internet. Google telah lama menentukan kapan pengguna mengeklik iklan dan melakukan pembelian, namun menautkan kebiasaan online dan offline yang membawa analisisnya selangkah lebih maju.

baca juga: 4 Teori Stephen Hawking Ini Telah Terbukti, Beberapa Lagi Masih Jadi Misteri

Wakil presiden senior Google Sridhar Ramaswamy mengatakan bahwa Atribusi berada dalam mode uji coba dengan jumlah mitra terbatas dan akan diluncurkan ke lebih banyak pemasang iklan dalam beberapa minggu mendatang. Hal itu disebut-sebut sebagai alat untuk menjawab pertanyaan lama yang menantang mengenai apakah kampanye pemasaran sedang bekerja.

"Pengaitan berbasis data menggunakan pembelajaran mesin untuk menentukan berapa banyak kredit yang harus diberikan pada setiap langkah dalam perjalanan konsumen - sejak pertama kali mereka terlibat dengan merek untuk penelitian awal hingga klik terakhir sebelum membeli," jelasnya.

baca juga: Apa Itu Gas Tertawa? Ini Sejarah, Penjelasan, Hingga Efek yang Ditimbulkan

Pelanggan dunia nyata e- Alamat email atau informasi rencana kesetiaan dapat terjalin dengan data Google dari layanan seperti AdWords, Google Analytics, dan DoubleClick Search untuk memberikan tampilan lengkap kinerja pemasaran.

Dilansir dari laman Arabnews, hal itu digunakan untuk kecerdasan buatan atau pembelajaran mesin untuk menganalisis dan memahami perilaku konsumen dengan lebih baik untuk menargetkan iklan dan mempromosikan penjualan. Selama beberapa tahun, AdWords telah memungkinkan pengiklan mengukur kunjungan ke tokonya seperti dunia nyata yang berasal dari kampanye online.

baca juga: Ini Pelopor Kalender Islam Global di Indonesia?

"Meski begitu, mengukur kunjungan toko hanyalah satu bagian dari persamaan. Anda juga memerlukan wawasan tentang bagaimana iklan online mendorong penjualan untuk bisnis Anda," tutur Ramaswamy.

Transaksi dunia nyata yang dicocokkan kembali ke iklan Google diserahkan dengan cara aman dan aman bagi privasi dengan informasi penjualan toko dilaporkan dalam bentuk gabungan dan anonim untuk melindungi privasi individu.

baca juga: Layanan Google Photos Gratis Unlimited Dihapus

Penulis: Fitria Marlina