Awas! Dokumen Subtitle Film Jadi Celah Peretasan Komputer

Ilustrasi
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF - Apakah Anda sering mengunduh film secara ilegal dan menonton dengan dokumen subtitle? Awas, bisa saja dokumen teks dialog untuk film yang Anda unduh telah disusupi program jahat yang dapat membuka akses peretasan komputer oleh hacker !

Dilansir dari laman The Hacker News, tim peneliti keamanan Check Point mengungkapkan ada beberapa aplikasi streaming dan multimedia player di perangkat komputer yang memiliki celah keamanan yang digunakan oleh peretas. Beberapa nama aplikasinya bahkan cukup terkenal dan mungkin pernah Anda gunakan yaitu VLC, Kodi (XBMC), Popcorn Time dan Stremio.

baca juga: Pendemi COVID-19 Belum Usai, Heboh Muncul Virus Tick Borne di China yang Menular

Prosesnya sendiri terhitung sangat cepat dan mungkin Anda tidak akan curiga, yakni parsing data subtitle di bagian awal lalu langsung memanfaatkan celah keamanan yang berhasil ditembus. Setelah subtitle tampil di layar, itu artinya hacker yang menggunakan celah keamanan ini sudah dapat melakukan akses penuh terhadap komputer tersebut.

Selain itu, subtitle yang didapatkan dari laman website atau forum juga bisa menjadi sasaran hacker untuk menyebarkan program jahat yang dibuat yakni mengunggah dokumen subtitle yang sudah disusupi program tersebut lalu melakukan manipulasi algoritma rangking popularitas subtitle tersebut. Dengan cara tadi, subtitle yang sudah mereka siapkan akan mendapatkan kemungkinan lebih besar untuk diunduh dan menginjeksi komputer para pengguna.

baca juga: Ini Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

Bagaimana cara menghentikan penyebaran tersebut? Tentunya langkah paling utama adalah berhenti mengunduh film bajakan atau dari sumber yang tidak dipercaya serta tidak mengunduh subtitle sembarangan. Pakar keamanan dari Check Point juga menjelaskan bahwa update untuk setiap aplikasi tadi juga sudah dilakukan oleh para pengembangnya atau ada beberapa yang masih dalam proses rilis update dalam waktu dekat.

Penulis: Ramadhani