Vector Startup Ruang AS Selesaikan Uji Coba Roket Mikro Baru

Vector Startup Ruang AS Selesaikan Uji Coba Roket Mikro Baru
Vector Startup Ruang AS Selesaikan Uji Coba Roket Mikro Baru (pixabay)

KLIKPOSITIF - Vektor ruang angkasa AS berhasil meluncurkan uji coba pada sebuah roket kecil untuk pertama kalinya dari Mojave, California. "Peluncuran Vektor-R yang berhasil merupakan satu lompatan raksasa untuk industri ini!" tulis perusahaan itu di akun jejaring media sosial, Twitter.

Model rekayasa roket Vector-R perusahaan diangkat dari sebuah pad di Gurun Mojave sesaat setelah pukul 12:00 pm PDT (1900 GMT). Model ini terdiri dari mesin 5K-lbf tahap pertama Vector dan pembuat inisialisasi cetak aditif 3D. "Keberhasilan pengujian ini tidak hanya menetapkan standar untuk perkembangan mobile yang cepat dari kendaraan peluncuran, namun juga memperbaiki misi kami untuk merevolusi industri ruang angkasa dan meningkatkan kecepatan untuk mengorbit," kata pendiri dan CEO Vector Jim Cantrell dalam sebuah pernyataan.

baca juga: Joe Biden Umumkan Anggota Kabinetnya Besok

Dilansir dari laman xinhua, Vector didirikan pada tahun 2016 oleh para ahli dari rockstars luar angkasa seperti SpaceX dan Virgin yang memiliki visi besar untuk membentuk kembali pasar peluncuran multi-miliar dan secara dramatis meningkatkan akses dan kecepatan ke orbit.

Menurut perusahaan itu, keluarga kendaraan peluncuran Vector terdiri dari peluncur Vector R (Rapid) dan Vector H (Heavy). Vector-R meluncurkan hingga 60 kg ke orbit Bumi Rendah dengan roket dua tahap kecil yang sederhana. Dan Vector-H meluncurkan 125 kg ke orbit Bumi Rendah dengan roket dua tahap kecil yang sederhana.

baca juga: Update Pilpres AS: Kuasai Florida dan Texas, Trump Kejar Biden

Perusahaan berencana untuk memulai peluncuran komersial pada 2018 dan dijadwalkan melakukan uji coba tambahan pada musim panas ini. "Kendaraan peluncuran kami sedang dikembangkan selama beberapa tahun akan menawarkan akses yang sering ke tempat dan dengan cara yang sama seperti maskapai penerbangan yang menawarkan layanan penumpang ke destinasi sesuai pilihan mereka," kata perusahaan itu.

Penulis: Fitria Marlina