Rata-rata Semua Mamalia Butuh 12 Detik untuk BAB

Gajah.
Gajah. (Wild Eye)

KLIKPOSITIF - Entah liar atau domestik, pemburu atau buruan, memiliki berat yang rendah atau tinggi, ada satu hal yang sama pada semua mamalia yakni waktu yang mereka butuhkan untuk membuang kotoran.

Menurut sebuah studi baru, semua mamalia butuh waktu rata-rata 12 detik untuk mengeluarkan kotoran terlepas dari perbedaan ukurannya. Periset yang menyelidiki hidrodinamika buang air besar menemukan bahwa mamalia, mulai dari kucing sampai gajah (dan bahkan manusia), bergantung pada lapisan lendir untuk membawa kotoran secara cepat melalui usus besar.

baca juga: Indonesia Jajaki Kerjasama Bidang Genetika dengan CapitalBio

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Soft Matter, para periset dari Georgia Institute of Technology menjelaskan bahwa ilmu fisika pembuangan feses tetap 'kurang dipahami'. Jadi, tim mengamati berbagai spesies di Zoo Atlanta saat mereka buang air besar, termasuk gajah, panda, dan babi hutan - dan, seekor anjing milik salah satu peneliti.

Mereka juga melihat video YouTube dari binatang yang buang air besar untuk membandingkan rata-rata waktu yang diperlukan 23 spesies, menurut New Scientist .

baca juga: Peminat Perjalanan ke Luar Angka Makin Tinggi, SpaceX Catatkan Rekor Baru

Hal ini menunjukkan sejumlah faktor yang konsisten, termasuk rasio panjang feses sampai diameter rektum. Dan, hewan biasanya menerapkan jumlah tekanan tingkat rendah yang sama untuk membuang kotoran.

Studi ini juga mengidentifikasi lapisan lendir yang ditemukan pada semua mamalia, yang memainkan peran penting dalam pembuangan limbah.

baca juga: Corona Belum Usai, Ilmuwan Jepang Temukan Virus Baru yang Bisa Menyebabkan Gagal Hati Hingga Kematian


Sumber: dailymail.co.uk

Penulis: Elvia Mawarni