Monster Laut Berusia 507 Juta Tahun Ini Bisa Jadi Awal Kaki Seribu

Tokummia katalepsis
Tokummia katalepsis ( Lars Fields)

KLIKPOSITIF - Monster laut berusia 507 juta tahun dengan penjepit seperti pembuka kaleng bisa menunjukkan asal mula kaki seribu, kepiting dan serangga.

Dilansir dari Mirror.co.uk, makhluk aneh itu telah diidentifikasi untuk pertama kalinya, menurut ahli paleontologi. Ilmuwan Kanada telah menemukan spesies fosil baru yang menjelaskan asal usul "mandibulat" - kelompok organisme paling banyak dan beragam di Bumi, yang meliputi lalat, semut, udang karang dan kelabang.

baca juga: Indonesia Jajaki Kerjasama Bidang Genetika dengan CapitalBio

Makhluk itu, yang dinamai Tokummia katalepsis oleh para periset, adalah fosil artropoda baru yang "terawat dengan baik". Ini adalah kelompok hewan invertebrata yang umum dengan anggota tubuh yang tersegmentasi dan exoskeletons yang mengeras.

Tokummia ini untuk pertama kalinya mengungkapkan secara rinci anatomi awal mandibulat. Ini adalah sub kelompok arthropoda yang memiliki sepasang pelengkap khusus yang dikenal sebagai mandibles, yang digunakan untuk memahami, menghancurkan dan memotong makanan.

baca juga: Peminat Perjalanan ke Luar Angka Makin Tinggi, SpaceX Catatkan Rekor Baru

Penulis utama studi Cedric Aria, lulusan baru program PhD di University of Toronto, mengatakan: "Terlepas dari keragaman kolosal mereka hari ini, asal mandibulat sebagian besar tetap menjadi misteri.

"Sebelum ini, kami hanya memiliki sedikit petunjuk tentang apa yang mungkin ditemukan oleh arthropoda pertama dengan rahim, dan tidak tahu apa karakteristik utama lainnya yang memicu diversifikasi kelompok tersebut."

baca juga: Corona Belum Usai, Ilmuwan Jepang Temukan Virus Baru yang Bisa Menyebabkan Gagal Hati Hingga Kematian

Dia mengatakan Tokummia tinggal di sebuah perairan tropis yang penuh dengan kehidupan dan merupakan salah satu pemangsa kambria terbesar, yang panjangnya melebihi 10 cm. Dia mengatakan analisis beberapa spesimen fosil menunjukkan bahwa Tokummia memakai rahang bergerigi luas dan juga cakar anterior yang besar namun khusus, yang disebut maxillipeds, yang merupakan ciri khas mandibulat modern.

"Penjepit Tokumia berukuran besar, namun juga halus dan kompleks, mengingatkan kita pada bentuk pembuka kaleng, dengan sepasang gigi terminal mereka dengan satu cakar, dan cakar lainnya melengkung ke arah mereka," tambahnya.

baca juga: 6 Bekal dalam Mencari Ilmu Menurut Imam Syafii

Penulis: Elvia Mawarni