Honda CRF250 Rally, Motor Dual Cross yang Mudah Dikontrol

Peluncuran dan Test Ride CRF 250 Rally di Pantai Air Manis, Padang
Peluncuran dan Test Ride CRF 250 Rally di Pantai Air Manis, Padang (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Honda meluncurkan produk barunya dengan konsep tunggangan Dual Cross. Motor konsep seperti ini merupakan kendaraan yang cocok untuk digunakan di jalanan off road maupun aspal (on road).

Motor yang dibekali dengan mesin 250 cc satu silinder ini merupakan produk terbaru dari Honda yang dirilis pada Februari lalu. Dengan mengusung konsep motor untuk kelas premium, Honda mengklaim produk yang diberi nama CRF250 Rally tersebut merupakan motor terbaik di kelasnya.

baca juga: Marquez Akan Jalani Operasi Lagi, Ada Kemungkinan Makin Lama kembali Balapan 2021

Menurut General Manager PT Menara Agung selaku perusahaan yang menggeluti penjualan sepeda motor Honda , Ari Ruthanto, CRF250 Rally sangat cocok dengan kebutuhan masyarakat Sumatera Barat.

"Di Sumbar ada kontur jalan yang cocok dilalui pakai motor on road, dan ada pula jalan yang cocok dilalui dengan motor off road. Jadi CRF250 ini bisa memenuhi hal itu," katanya pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Jadi Juara Dunia MotoGP 2020, MIr Tak Sabar Nantikan Kemunculan Marquez

Dengan kapasitas mesin 250 cc, tenaga besar dari CRF250 Rally ini cukup mudah dikontrol saat melaju di trek off road. Dilengkapi dengan shock depan tipe up side down dan lengan ayun belakang yang terbuat aluminium, torsi besar dari prototype CRF450 tersebut bisa diandalkan saat berkendara di jalur yang cukup ekstrim.

Komposisi motor demikian kata Ari untuk menanggapi perubahan gaya hidup dan kebutuhan masyarakat Indonesia untuk sepeda motor.

baca juga: Digeser Carl Cruthlow Sebagai Tets Rider Yahama, Ini Kata Lorenzo

"Sekarang kebutuhan masyarakat sudah mulai beralih ke motor besar yang dinamis. Kehadiran CRF250 ini untuk menjawab hal itu," jelas dia.

Desain Honda CRF 250 Rally terlihat unik dengan hadirnya Dual Asymmetry LED Headlight dan Floating Wind Screen yang terpasang pada bagian depan. Menariknya lagi, headlamp Honda CRF250 Rally bagaikan dua buah bola mata yang terpasang menyatu dengan Floating Wind Screen.

baca juga: MotoGP 2020 Berakhir, Berikut 7 Catatan Menarik Tahun Penuh Kejutan Ini

Untuk dimensinya sendiri, Honda CRF 250 Rally memiliki bodi berukuran panjang 2.210 mm, lebar 900 mm, dan ketinggian 1.425 mm. Sedangkan untuk tinggi joknya berukuran 895 mm dan bobotnya mencapai 155 kg.

Motor ini juga memiliki Ground Clearance yang tergolong tinggi, yaitu mencapai 270 mm. Dibandingkan motor sport yang rata-rata memiliki ground clearance 160mm, tentunya dibutuhkan adaptasi khusus sebelum mengendarai Honda CRF250 Rally.

Untuk menstabilan suhu mesin, Honda melengkapinya dengan sistem pendingin Liquid- Cooled. Berbekal mesin tersebut, Honda CRF250 Rally mampu menghasilkan torsi sangat besar, dan power maksimal yang sulit tertandingi rival-rivalnya. Selain itu, motor ini juga dilengkapi sistem pembakaran PGM-FI yang membuat kinerja mesin semakin responsif dan irit bahan bakar.

Berbekal mesin di atas, Honda CRF 250 Rally mampu mengeluarkan tenaga sebear 18.2 KW pada 8.500 rpm. Sedangkan torsinya menembus 22.6 Nm pada 6.750 rpm. Tenaganya tak terlalu besar, namun Honda CRF250 Rally menawarkan torsi melimpah yang diraih pada rpm rendah sampai rpm tinggi dengan pola 6 kecepatan.

Konsumsi bahan bakar Honda CRF 250 Rally diklaim mencapai 33.3 km/liter dan tersedia tangki bahan bakar yang bisa menampung BBM hingga kapasitas 10.1 liter.

Motor ini dibungkus dengan rangka Steel Twin Tube yang tahan banting dan memiliki bobot sangat ringan.

"Kami memang mengutamakan bobot yang ringan untuk mendukung torsi besar tersebut," ucap General Manager PT Hayati Pratama Mandiri, perusahaan penjualan motor Honda di Sumatera Barat, Hendri Faezal.

Pengereman CRF250 Rally dibantu oleh rem cakram bertipe Floating Wave Disk dengan diameter 256 mm dan dua piston kaliper telah terpasang pada roda depan. Sedangkan roda belakang memakai rem cakram Wave Disk berdimater 220 mm dan memiliki satu piston kaliper.

"Dengan spesifikasi demikian, motor ini dibanderol dengan harga Rp63 juta. Saat ini telah tersedia tiga unit di dealer Menara Agung dan Hayati," pungkas Faezal kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa