Penelitian: Pokemon Go Buat Pemainnya Lebih Banyak Bergerak

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -School of Nursing di Duke University, Amerika Serikat melakukan studi yang menunjukkan game Pokemon Go berkontribusi menambah aktivitas fisik untuk para pemainnya.

Tim riset ini meneliti 167 pengguna iPhone yang telah bermain Pokemon Go sejak Juli 2016, dan secara rutin mengirim screenshot aplikasi Health di perangkatnya tiap hari. Diketahui bahwa para responden berjalan 1.976 langkah lebih banyak setiap hari, dibandingkan ketika mereka belum bermain Pokemon Go, dengan angka rata-rata 5.678 langkah per hari.

baca juga: Pengguna PS5 Kini Bisa Nikmati Layanan Apple Music

Para responden yang diidentifikasi memiliki level aktivitas rendah atau memiliki kelebihan berat badan mengalami kenaikan jumlah langkah yang lebih besar lagi, mencapai 3.000 langkah lebih banyak.

Penelitian itu dipublikasikan di laman situs American Heart Association yang dilansir dari TechSpot. Game Pokemon Go memang mengharuskan pemain keluar dari rumah untuk menangkap monster Pokemon di lingkungan sekitar.

baca juga: Menang Gugatan, Nintendo dapat Miliaran Rupiah dari Pembajak Game Miliknya

Dalam permainan yang menggabungkan teknologi GPS dan Augmented Reality ini, pemain berlomba mencari Pokemon dengan menelusuri peta di layar, lalu menangkapnya dengan berinteraksi dengan smartphone.

Penulis: Ramadhani