Ini Fungsi Tombol di Motor Ducati Baru Lorenzo

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Ducati Desmosedeci GP17 motor baru Jorge Lorenzo untuk musim balap 2017 memiliki lima tombol di setang sebelah kiri. Seluruhnya berada dalam jangkauan ibu jari kiri pebalap. Kabarnya, tombol-tombol itu terinspirasi Suzuki GSX-RR musim lalu yang dipakai Maverick Vinales.

Dilansir dari Motorsport, guna kelima tombol tersebut diperkirakan sebagai berikut. Merah: Power (PW). Merupakan tombol managemen tenaga mesin berdasarkan mode tertentu. Pebalap dapat mengatur tenaga mesin sesuai kebutuhan, ada juga pemetaan untuk cuaca hujan atau lintasan basah.

baca juga: Peforma Bagus, Kontrak Johann Zarco dan Jorge Martin Diperpanjang Pramac Racing

Biru: Launch Control (LC). Tombol ini diaktifkan saat prosedur start dan ini harus benar-benar dipatuhi. Kuning: Fuel (FUE). Tombol ini berkaitan dengan cadangan bahan bakar. Di kelas MotoGP ada aturan yang melarang setiap motor mengkonsumsi lebih dari 22 liter. Tombol ini berguna mengurangi konsumsi BBM namun disertai dengan pemetaan ECU yang berbeda.

Tombol Putih: Pit (PIT). Ini adalah tombol di mana pembalap dapat memasukkan batas kecepatan saat memasuki jalur pit yang mana bervariasi di setiap lintasan. Hijau: Engine Brake (EB). Tombol kontrol yang berfungsi saat melakukan pengereman. Fungsinya untuk menghindari reaksi pengereman yang terlalu agresif. Kekuatannya bisa diatur manual oleh sang pebalap untuk menyesuaikan gaya balapnya.

baca juga: Gagal Finis di Mugello, Ini yang Terjadi Pada Morbidelli

Penulis: Ramadhani