Ternyata Ini Penyebab Busi Motor Basah Bensin, Yuk Ketahui Sekarang!

Ilustrasi busi motor
Ilustrasi busi motor (Net)

KLIKPOSITIF -Bagi pemilik kendaraan roda dua terkadang suka bingung dengan penyebab busi motor basah bensin bukan? Sebenarnya untuk permasalahan yang dialami oleh motor tersebut adalah hal yang wajar yang diakibatkan beberapa hal. Penasaran dan ingin tahu perihal yang mengakibatkannya? Simak ulasan berikut ini kutip dari https://blog.oscas.co.id/ :

Tentang Busi

baca juga: Kawasaki ZX-25R Mendapat Sentuhan Baru, Tampilan Makin Kinclong

Busi adalah benda yang jika dilihat dari segi ukuran sangatlah kecil, tetapi mempunyai peran penting sebagai salah satu komponen kendaraan. Hal tersebut karena kinerjanya yang dapat mempengaruhi tenaga mesin yang dikeluarkan oleh motor .

Tidak hanya itu saja, proses penghematan minyak serta kelancaran saat bekerja pun dipengaruhinya. Menjadi bagian fundamental, membuat busi masuk ke dalam sistem pengapian yang menerima sekrup sehingga bisa meneruskan tegangan listrik dari koil.

baca juga: Yamaha Beri Dua Warna Baru untuk Vixion R

Hadirnya proses pengapian yang bekerja itulah membuat motor dapat berjalan. Hal inilah yang menjadikan perawatan busi sangatlah penting, sebab jika busi rusak, maka mesin tidak bisa bekerja.

Penyebab Busi Motor Basah Bensin

baca juga: Kucurkan Dana Besar, Bajaj Diberitakan Siap Kuasai Pasar Motor Listrik India

Terdapat beberapa alasan penyebab busi motor basah bensin yang harus pengguna ketahui sesegera mungkin, mengapa? Busi menjadi bagian terpenting dalam sebuah komponen kendaraan, terutama motor . Membuat kesehatannya harus selalu terjaga, berikut penyebab yang harus diketahui yaitu:

1. Kecilnya Api Busi

baca juga: Yamaha Siapkan Motor Listrik Baru Calon Pesaing Honda PCX Elektrik

Faktor penyebab busi motor basah bensin salah satunya yaitu kecilnya api busi kendaraan tersebut. Hal tersebut terjadi karena kondisi dari busi yang sudah tidak bisa bekerja secara optimal sehingga menimbulkan percikan api.

Kondisi tersebut terjadi karena adanya gaya dorong engkol yang dilakukan sehingga bensin dan udara masuk ke ruang bakar. Jika percikan api keluar secara normal, maka tidak akan membuat campuran antara udara dan bensin terbakar.

Ketika hal tersebut terjadi, suhu yang terdapat di ruang bakar akan semakin meningkat. Hal tersebut mengakibatkan udara lembab yang ada di seluruh bagian ruang tersebut masuk ke elektroda busi dan membuatnya jadi basah.

2. Pengapian Motor yang Gagal

Berikutnya hal yang mengakibatkan busi motor basah bensin yaitu disebabkan karena pengapian motor yang gagal. Dalam sistem pengapian CDI terdapat induksi koil yang terjadi sangat cepat, memungkinkan terjadinya arus listrik DC ke busi.

Hal tersebut terjadi ketika CD tidak bekerja dalam kondisi baik, sehingga fungsi CDI tidak akan membuatnya bekerja. Para pengguna pasti mengerti apa yang akan terjadi, saat busi tidak bekerja.

Kondisi tersebut akan membuat bensin dan campuran udara yang ada menjadikannya lembab. Memungkinkan busi menjadi basah, sebab ruang bakar yang lembab dan akan semakin sulit untuk memercikan api.

3. Seal Katup Rusak

Rusaknya seal katup pada motor membuat kinerja busi juga akan berpengaruh pastinya. Tidak hanya sekedar dipengaruhi oleh basah bensin saja, tetapi oli yang masuk juga bisa mempengaruhinya. Berdasarkan teorinya seharusnya kedua hal tersebut tidak bisa masuk ke dalam ruang bakar dengan mudah. Jika hal tersebut terjadi berarti terdapat kebocoran.

4. Pemasangan Karburator Tidak Pas

Kurang pasnya pemasangan karburator juga menjadi penyebab fatal yang mengakibatkan basah bensin. Ketika hal tersebut terjadi, maka ruang bakar yang tersisa bekas bahan bakar lembab akan masuk ke dalamnya. Memungkinkan busi menjadi basah dan tidak dapat bekerja dengan baik.

Sebenarnya untuk pemasangan curator yang tidak pas tersebut bisa lebih dicegah dan lebih diperhatikan kembali. Pengguna bisa memastikan kurator dalam keadaan terpasang sempurna. Jika sudah, maka tidak akan ada ruang lembab yang akan menempel pada elektroda busi.

5. Kualitas Busi

Selain dari penjelasan yang telah disebutkan, penyebab busi motor yang basah dikarenakan oleh kualitas busi yang kurang baik. Pemilihan busi sesuai spesifikasi akan sangat penting, diantaranya yaitu ulir busi. Jika hal tersebut tidak terperhatikan maka sisa bahan bakar bensin bisa masuk dan membuatnya basah.

Jadi memastikan pembelian busi yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan pun perlu untuk diperhatikan sekali. Bukan hanya sekedar resistensinya saja, namun besar kecilnya ulir busi juga sangat berpengaruh. Hal tersebut bisa menimbulkan udara, bahan bakar atau zat lainnya masuk dan membuatnya lembab

Demikianlah penjelasan terkait penyebab busi motor basah bensin yang perlu diperhatikan kembali oleh para pemilik kendaraan. Selain itu cari tahu juga apakah solusi yang bisa diberikan supaya dapat mencegahnya. Jika hal tersebut sudah bisa diatasi, maka permasalah tersebut tidak akan terjadi lagi. Demikian sekilas informasi otomotif semoga bermanfaat.

Editor: Khadijah