Penjualan Apple di China Meningkat 160 Persen

Apple Store
Apple Store (net)

KLIKPOSITIF - Penjualan produk Apple terus pulih sejak Apple Store di China kembali beroperasi tengah Maret lalu. Dari data CNBC, selama April, Apple berhasil menjual 3,9 juta iPhone di negara itu.

Angka ini meningkat hingga 160% jika dibandingkan pada bulan Maret yang hanya berhasil menjual 1,5 juta iPhone. Apple sold 3.9 million iPhones in China in April, according to CINNO Research. That's a 160% increase from March, when it sold 1.5 million smartphones, the Shanghai-based market research firm told CNBC.

baca juga: Ultah ke-60, Sega Hadirkan Konsol Portable Berukuran Mini

Sedangkan dari data China Academy of Information and Communications Technology, penjualan produk smartphone di Tiongkok memang mengalami peningkatan hingga 94% di bulan April. Total penjualannya mencapai 40,8 juta unit.

Selain lewat Apple Store, Apple juga menjual perangkat iPhone di Tiongkok lewat sejumlah pengece resmi. Salah satu yang paling besar adalah Tmall yang dimiliki oleh Alibaba. Pendapatan Apple dari penjualan di Tmall meningkat hingga 40% pada bulan April.

baca juga: Apple Beri Update Terbaru Catalina untuk Perbaikan Celah Keamanan

Laman sumber hanya mendapatkan data mengenai kenaikan pendapatan di App Store. Estimasinya adalah 7% dari bulan ke bulan atau sekitar $1,54 miliar. Produk iPhone SE 2020 telah dikenalkan Apple bulan lalu dengan harga yang cukup terjangkau. Yaitu mulai dari $399 dan kabarnya menyumbang pendapatan cukup besar untuk penjualan di Tiongkok.

CINNO Research menjelaskan bahwa iPhone SE menyumbang 24% dari total 3,9 juta perangkat iPhone yang terjual di Tiongkok bulan April. Sedangkan data lain dari IDC menyebutkan bahwa iPhone SE menyumbang 8% dari pengiriman bulan April.

baca juga: Industri Mobil Listrik Tak Terlalu Terdampak Pandemi

Di balik semua angka pertumbuhan ini, sejumlah analis mengatakan bahwa bisa kembali terjadi penurunan penjualan di beberapa bulan lagi. Mengingat pandemi COVID--19 masih berlangsung dan bisa mempengaruhi pengeluaran konsumen dan keputusan untuk belanja. Para analis menyebutkan bahwa dalam masa sulit seperti ini, konsumen akan lebih memilih untuk membeli ponsel kelas menengah yang lebih terjangkau.

Apple saat ini hanya memiliki sebuah ponsel kelas menengah yang terjangkau yaitu iPhone SE. Sedangkan merek lain punya banyak pilihan atau tipe ponsel andalan mereka dengan harga yang tidak jauh dengan produk iPhone SE tahun 2020.

baca juga: Fitur Baru Facebook Buat Menghapus Unggahan Makin Mudah

Sebelumnya Apple telah mengalami penurunan penjualan iPhone yang paling besar di Februari tahun 2020 lalu untuk wilayah Tiongkok. Data menunjukkan bahwa penjualannya turun hingga 60% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini terjadi karena Lockdown negara Tiongkok di masa pandemi COVID--19.

Editor: Ramadhani