Apple Siapkan Fitur di iOS 14 untuk Gunakan Aplikasi Tanpa Unduh

iOS
iOS (net)

KLIKOSITIF - Apple diberitakan sedang mengerjakan sebuah fitur baru di iOS 14 yang dapat membuat pengguna mengakses aplikasi pihak ketiga tanpa diunduh.

Metodenya adalah menggunakan QR Code yang dapat dipindai dengan kamera di iPhone. Setelah itu iOS 14 akan membuka Safari dan menjalankan sub fitur dari aplikasi pihak ketiga tersebut. Dikutip dari 9To5Mac, kode program iOS 14 yang mereka dapatkan mengindikasikan nama API Clips untuk fitur tersebut. Dengan API Clips, pengembang dapat menentukan fitur dan konten interaktif apa saja yang dapat berjalan lewat Safari tanpa perlu unduh aplikasinya.

baca juga: Ultah ke-60, Sega Hadirkan Konsol Portable Berukuran Mini

Disebutkan juga bahwa di tampilan tersebut akan hadir tombol untuk mengajak pengguna melakukan instal aplikasi jika ingin menikmati konten lain secara lebih lengkap. Sebagai tambahan, sistem operasi Android sudah punya fitur serupa bernama Slices.

Fitur tersebut dihubungkan dengan Google Search dan Google Assistant untuk membuat integrasinya. Mungkin Apple juga akan menghubungkan API Clips ke Spotlight, namun hingga kini belum ada penjelasan untuk bagian tersebut.

baca juga: Apple Beri Update Terbaru Catalina untuk Perbaikan Celah Keamanan

Editor: Ramadhani