BMW Siapkan R18, Motor Besar Pesaing HD

BMW R18
BMW R18 (net)

KLIKPOSITIF - BMW Motorrad merilis BMW R18 yang disebut akan hadir sebagai kompetitor motor bermesin besar keluaran Harley-Davidson. Dikutip dari Cycleworld, tampilan R18 terlihat memiliki gaya klasik namun memiliki sentuhan modern.

Rencananya, BMW akan merilis dua varian untuk model R18. Yaitu R18 First Edition dengan stripe ganda dan krom, serta R18 versi standar berbalut warna Black Storm Metallic. Selain itu, motor teranyar dari BMW itu juga dilengkapi perangkat BMW boxer klasik, kopling kering single-disc besar dan girboks 6-percepatan.

baca juga: La Liga Segera Digelar, Otoritas Kesehatan Masih Pertimbangkan Kehadiran Penonton

BMW membiarkan poros motornya terbuka begitu saja. Hal ini rupanya dilakukan sebagai penghormatan Beemers (sebutan penggemar BMW) kepada model motor produk perusahaan ini yang dibuat sebelum masa perang, seperti BMW R5 dan BMW R51. Bisa disebutkan pula bahwa kehadiran bmw R18 banyak terinspirasi dari kedua model ini. Sementara opsi gigi mundur ala Honda Goldwing juga ikut diaplikasikan.

Cara operasional BMW R18 memiliki beberapa mode dengan nama Rock, Roll, dan Rain. Rock menjadi mode pengendaraan paling agresif, dengan akses tenaga penuh dan torsi. Mode Roll merupakan mode pengendaraan standar yang umum digunakan, sementara Rain menawarkan respons throttle lebih lembut dan tenaga dan torsi lebih terbatas.

baca juga: Industri Mobil Listrik Tak Terlalu Terdampak Pandemi

Sementara bagian suspensi motor terlihat sangat mirip hardtail, seolah tidak menggunakan suspensi belakang. Namun sebenarnya BMW tetap menggunakannya, hanya tersimpan rapi di bagian buritan. Kaki garpu depan masing-masing berdiameter 49 mm dan terlihat seperti dua model pendahulunya.

Motor ini dibekali mesin boxer berkapasitas 1.802cc dua silinder penghasil daya 91 daya kuda pada 4.750 rpm dan torsi 157 Nm pada 3.000 rpm. Mesinnya sendiri diklaim sebagai mesin terbesar dari keluarga mesin boxer yang pernah digunakan BMW sejak 1923. Ada empat katup per silinder dengan camshafts overhead ganda pada setiap silinder

baca juga: Suzuki Rilis GSX-R125 untuk Pasar Jepang Saja

Editor: Ramadhani