Renault Siapkan 1.300 Kendaraan Listrik Bantu Tenaga Medik Atasi Corona

Mobil listrik Renault
Mobil listrik Renault (net)

KLIKPOSITIF - Renault, produsen otomotif asal Perancis menyediakan mobil jenis Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) untuk digunakan mengantar dan menjemput para medik atau petugas kesehatan. Perusahaan juga mengajak karyawannya untuk membuat masker dari rumah.

layanan penyediaan mobil bertenaga listrik atau Electric Vehicle (EV) ini sudah dimulai sejak Februari 2020. Jumlah totalnya mencapai sekitar 1.300 unit. Awalnya, Renault menyediakan mobil cuma-cuma bagi staf sembilan rumah sakit di wilayah Paris yang mengurus pasien Covid-19. Perawatan dan pengisian ulang baterai mobil dilakukan tim ZITY, berdasarkan protokol kesehatan penanganan Coronavirus Disease.

baca juga: Lokasi Isolasi Pejabat Solsel Positif COVID-19 Menunggu Hasil Swab Keluarga

Lantas layanan ini diadaptasi Hoptisoins, platform layanan online dari AP-HP, untuk memfasilitasi kebutuhan sehari-hari para profesional kesehatan yang menangani pasien Covid-19. Adapun yang tersedia adalah 300 unit Renault ZOE. Kemudian 10 unit mobil semodel disediakan bagi departemen logistik AP-HP di situs Piti-Salptrire. Tugasnya memasok rumah sakit bila memerlukan peralatan penting.

Sementara 1.000 mobil lainnya disediakan secara cuma-cuma oleh jaringan penjualan Renault di Prancis. Tujuannya untuk memastikan mobilitas tenaga medis jika kendaraan pribadi tidak tersedia. Groupe Renault bekerja sama dengan Asosiasi Diler Renault, Renault Retail Group, dan anak perusahaan distribusi pabrikan dalam operasionalnya, di mana mobil-mobil itu ditempatkan di 150 dealer Renault di seluruh Prancis.

baca juga: Studi: 76 Persen Pasien Covid-19 Membaik setelah Transfusi Plasma

Sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19, sebelum dipinjamkan mobil dicuci dan permukaan interior didesinfeksi menggunakan produk virucidal dan kain sekali pakai. Sementara penutup pelindung dipasang di kursi, setir, dan tuas persneling. Kunci juga didisinfeksi dan diberikan kepada tenaga medik yang membutuhkan, dalam sebuah amplop tertutup.

Editor: Ramadhani