BMW Luncurkan X5 Bertenaga Hidrogen Pada 2022

KLIKPOSITIF - Produsen otomotif Jerman BMW atau Bayerische Motoren Werkedikabarkan akan merilis model X5 bertenaga hidrogen. Produk yang menyasar segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ini disebut akan dijual terbatas pada 2022 untuk menilik antusiasme pasar.

Teknologi yang disebut sebagai i Hydrogen Next itu telah dipratinjau pada September lalu di Frankfurt Motor Show dan sekarang BMW bersedia berbagi lebih banyak detail tentang X5 yang ditenagai bahan bakar alternatif.

"Dalam pandangan kami, hidrogen, pertama-tama harus diproduksi dalam jumlah yang cukup dengan harga kompetitif. Kemudian baru digunakan ke sektor yang secara tidak langsung dapat dielektrifikasi, seperti transportasi heavy duty jarak jauh," ungkap Klaus Frhlich, anggota Dewan Manajemen BMW AG, Research and Development dalam pernyataan resmi perusahaan.

baca juga: La Liga Segera Digelar, Otoritas Kesehatan Masih Pertimbangkan Kehadiran Penonton

Berbicara tentang tenaga, total output dari powertrain listrik yang baru dikembangkan bersama dengan iX3 diklaim mampu mencapai 369 tenaga kuda yang setara 275 kW. Sistem sel bahan bakarnya menghasilkan energi listrik sebanyak 168 daya kuda (125 kW) sebagai hasil reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen dari udara sekitar, dengan kendaraan memancarkan uap air.

Ada dua tangki bertekanan 700 bar dengan masing-masing menggendong 6 kg hidrogen yang bisa diisi ulang dalam 3-4 menit. Atau hampir sama dengan waktu untuk mengisi bensin atau mobil diesel. BMW menyebut bahwa teknologi sel bahan bakarnya tersedia pada skala yang lebih luas dengan memperkenalkan model produksi pada 2025. Namun dengan catatan, ada permintaan pasar.

baca juga: Industri Mobil Listrik Tak Terlalu Terdampak Pandemi

Editor: Ramadhani