Rusia Bakal Tunda Rencana Pelarangan Produk Apple

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Rusia telah berencana melarang penjualan Apple , namun sepertinya rencana itu bakal tertentu. Asalannya, pihak pengembang yang membuat software di Rusia mengungkapkan bahwa ada masalah teknis dalam produksinya

Namun, beberapa pihak lain beranggapan bahwa covid-19 jadi penyebab utama terhambatnya proses produksi dari smartphone tersebut. Dilansir dari Appleinsider, selain softaware untuk smartphone, Rusia juga berencana membuat software di perangkat lain, seperti komputer dan smart TV.

baca juga: Apple Beri Update Terbaru Catalina untuk Perbaikan Celah Keamanan

Pada Desember 2019, presiden Rusia , Vladimir Putin telah menandatangani undang-undag baru mengenani penjualan gadget di Rusia . Undang-undang tersebut melarang perusahaan asing menjual alat teknologi tanpa menggunakan software buatan Rusia .

Setiap perangkat yang masuk ke sana harus dilengkapi dengan software tersebut, termasuk berbagai produk Apple . Dilansir dari The Moscow Times, salah seorang pihak Apple yang tak disebutkan namanya pun memberi tanggapan atas wacana tersebut. Menurutnya hal tersebut sama saja dengan jailbreaking perangkat Apple dan akan menimbulkan ancaman keamanan.

baca juga: Fitur Baru Facebook Buat Menghapus Unggahan Makin Mudah

Ia mengatakan bahwa Apple akan menarik seluruh produknya dari Rusia jika peraturan tersebut benar-benar digulirkan. Hingga saat ini peraturan tersebut masih belum direalisasikan oleh pemerintah Rusia .

Jika benar dijalankan, maka peraturan ini akan memberi dampak bagi berbagai perusahaan teknologi. Terlebih, bagi mereka yang menjadikan Rusia sebagai salah satu pasar utama penjualan produknya. Menurut laporan Appleinsider, peraturan ini belum akan diresmikan hingga Janurai 2021 mendatang.

baca juga: Microsoft Gantikan Kerja Jurnalis dengan Kecerdasan Buatan

Editor: Ramadhani