Apple Luncurkan Update iOS dan PadOS 13.4

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Update sistem iOS 13.4 dan iPadOS 13.4 telah tersedia untuk pengguna umum. Pada update ini Apple memberikan sejumlah perbaikan penting dan juga beberapa fitur baru yang sudah lama diuji dalam versi Beta.

Pengguna bisa mengunduh update ini lewat aplikasi Settings di bagian General - Software Update. Cara lain yang dapat dilakukan adalah update via iTunes atau Restore via iTunes.

Lewat update ini Apple memberikan sejumlah Memoji Stickers baru, iCloud Drive Sharing, Trackpad Support untuk iPadOS dan lain sebagainya.

Apple memberikan beberapa Memoji Stickers baru iOS 13.4 untuk perangkat iPad atau iPhone. Memoji baru yang diberikan adalah Smiling Face with Hearts, Hands Pressed Together, Party Face, dan lain sebagainya. Total ada 9 Memoji Stickers baru yang dibagikan di iOS 13.4.

Baca Juga

Pada iOS 13.4, aplikasi Files mendukung 3 fitur baru. Pertama, Folder Sharing di layanan iCloud Drive. Fitur ini membantu kamu untuk berbagi folder berisi dokumen seperti teks atau gambar bersama teman atau keluarga yang memerlukan aksesnya.

Kedua, mengendalikan akses yang diberikan kepada orang yang dapat mengakses folder sharing tersebut. Kendali yang dimaksud adalah memastikan hanya orang tertentu yang dapat melihat atau mendapatkan akses.Ketiga yaitu memberikan pengaturan batasan akses berupa hanya melihat dokumen atau dapat mengunggah dan mengganti dokumen di folder sharing pada iCloud Drive.Aplikasi Mail mendapatkan update berupa toolbar yang lebih jelas untuk akses fitur delete, move, reply to, atau compose. Apple juga memberikan update Mail dengan mode membalas pesan terenkripsi yang sudah diatur dengan S/MIME jika diperlukan.

App Store dan Apple Arcade

Mendukung Universal Purchase untuk membuat pengguna cukup membeli sebuah aplikasi yang sama di semua platform dan dapat digunakan pada iPad, iPhone, Mac dan Apple TV. Game yang sering dimainkan di Apple Arcade akan tampil di App Store bagian Arcade untuk lebih mudah dicari dan segera dimainkan. Tampilan See All Games di Apple Arcade mendukung format List.

Aplikasi navigasi pihak ketiga kini dapat digunakan pada CarPlay Dashboard. Fitur informasi panggilan dapat digunakan pada CarPlay Dashboard.

Update yang diberikan pada iPadOS 13.4 sebetulnya sama dengan update di iOS 13.4 untuk perangkat iPhone. Namun Apple mencatat sejumlah fitur khusus yang diberikan pada iPadOS di versi 13.4. Yaitu dukungan akses Mouse dan Trackpad.

Baca Juga

Editor: Ramadhani