Ditpolairud Polda Sumbar Luncurkan Aplikasi 'Jangkar Airud', Apa Saja Fiturnya?

Aplikasi Jangkar Airud
Aplikasi Jangkar Airud (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Sumbar meluncurkan aplikasi 'Jangkar Airud'. Aplikasi yang dapat di download di android play store, bertujuan memudahkan pelayanan kepada masyarakat melalui teknologi.

Fitur yang disajikan diantaranya Prakiraan Cuaca, Profil Ditpolairud Polda Sumbar , dan Pengaduan Masyarakat.

baca juga: Terkait Dugaan Pencemaran Nama Baik Ketua KPU Sumbar, Polda Sumbar Periksa Rita Sumarni

Direktur Polisi Perairan dan Udara (Dirpolairud) Polda Sumbar Kombes Pol Soelistijono mengatakan, aplikasi tersebut merupakan sarana mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di wilayah perairan & masyarakat pesisir.

"Sejalan dengan kemajuan teknologi, faktor yang paling penting untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pesisir, pengguna jasa angkutan laut dan nelayan," ujarnya.

baca juga: Apple Beri Update Terbaru Catalina untuk Perbaikan Celah Keamanan

Dengan demikian kata Dirpolairud, maka diperlukan teknologi yang memiliki peran sentral dalam kehidupan masyarakat seiring dengan perkembangan dunia modern, salah satunya dibangun aplikasi "Jangkar Airud".

Lanjutnya, saat masuk di laman "Jangkar Airud" pada fitur menu Prakiraan Cuaca, masyarakat dapat mengetahui Prakiraan Cuaca, Prakiraan Gelombang dan Angin, serta Informasi Kebakaran Hutan terkini.

baca juga: Zoom Bakal Perketat Keamanan untuk Aplikasi Berbayar

"Bagi yang hendak ke laut (nelayan) atau menggunakan jasa angkutan laut, bisa mengetahui cuaca terkini," jelasnya.

Sedang fitur Pengaduan Masyarakat, Soelistijono menerangkan bahwa masyarakat bisa membuat akun terlebih dahulu sebelum melakukan pengaduan kepada Kepolisian Perairan dan Udara Polda Sumbar . "Setelah mendaftar, masukkan email yang didaftarkan kemudian laporkan pengaduannya," terangnya.

baca juga: Polda Sumbar Tegaskan Tidak Ada Perlakuan Khusus Bagi Muzni Zakaria

Pada fitur Pengaduan, ada beberapa jenis pengaduan diantaranya, Kecelakaan, Pencurian dan Kekerasan.

"Berikan keterangan singkat kejadian tersebut, dengan dilampirkan foto kejadiannya," pungkasnya.

Soelistijono menyebutkan, meskipun belum resmi di launching namun masyarakat sudah bisa mendownload aplikasi tersebut.(rilis)

Editor: Muhammad Haikal