Serunya Keliling Kota Padang Pakai Honda ADV150

Rombongan ADV150 dalam kegiatan Hayati Rolling City
Rombongan ADV150 dalam kegiatan Hayati Rolling City (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Tim Redaksi KLIKPOSITIF kembali mendapatkan kesempatan untuk mencoba motor skutik baru Honda , ADV150 . Kami diberi kesempatan oleh main dealer Honda di Sumatera Barat PT Hayati Pratama Mandiri untuk mencoba motor berkonsep adventure tersebut mengelilingi Kota Padang pada Minggu, 26 Januari 2020 lalu.

Impresi pertama mengendarai motor bermesin 150 cc ini, kami mendapatkan kesan nyaman yang lebih baik dari motor skutic lain yang sekelas dengan kendaraan roda dua yang setipe.

Pada ADV150 , Honda memposisikan posisi kemudi yang mudah dikendalikan dan seimbang dengan riding style pengendara, apalagi untuk tim redaksi kami yang bertinggi 183 cm, posisi kemudi cukup nyaman yang tidak memberi beban berat pada pengendara saat mengendarai motor ini.

Baca Juga

Dengan panjang kemudi yang lebar, ADV150 memungkinkan pengendaranya mudah saat melintasi jalanan sempit, khususnya saat macet. Hal ini ditopang dengan bobot motor yang berkisar antara 132-133 kilogram terbilang ringan sehingga mudah dikendalikan saat pengereman mendadak maupun manufer ekstrim.

Namun, kenyamanan yang dihadirkan oleh ADV150 tidak sampai disana. Topangan rangka jenis Double Cradle dengan suspensi Telescopic di bagian depan, serta Twin Subtank di bagian belakang dan ukuran ban yang lebar memudahkan pengendara saat melintas di jalanan yang tidak rata.

Hal tersebut kami buktikan sendiri saat rombongan melintasi jalan Samudera tepatnya di kawasan Koto Marapak. Dengan jalan yang berlubang dan kecepatan 60 km/jam, ADV150 mampu meredam kejut dan guncangan akibat kondisi jalan tersebut.

Selain kenyamanan dan peredaman kejut dari suspensi ADV150 ini, kami juga terkesan dengan sistem pengereman motor adventure ini. Dilengkapi dengan Hydraulic Disc System pada bagian depan-belakang yang bekerja pakai sistem Triple Pot Hydraulic, membuat motor ini tidak mudah selip.

Kendati demikian, ada sebuah perbedaan besar antara ADV150 dengan skutik Honda lainnya yang setipe seperti PCX150. Daya dorong ADV150 kami akui tidak sebesar PCX150.

Untuk tenaga, putaran awal motor ini terbilang lebih kecil dari PCX150. Memang hampir seluruh motor adventure memiliki ciri khas demikian, namun kepuasan berkendara di atas kecepatan rata-rata motor ADV150 ini sangat menyenangkan.

Bobot yang terbilang cukup ringan, motor ini malah sangat mudah dikendalikan. Menurut hitungan kami sendiri, daya maksimal motor ini baru bisa dirasakan pada putaran 8.500 rpm, dan daya yang dihasilkan pun bisa mencapai 10,7 kW (14,5 PS).

Dari daya maksimum tersebut, motor ADV150 ini bisa menghasilkan torsi 13,8 Nm pada putaran 6.500 rpm. Tenaga yang cukup besar! dan tentunya bisa memenuhi hasrat Anda untuk memiliki unit motor skutik yang anti-mainstream dan bisa tampil keren di jalanan.

Kesempatan untuk mengendarai ADV150 ini kami dapatkan saat gelaran kegiatan Hayati Rolling City bersama sejumlah komunitas motor yang berada di bawah naungan main dealer Hayati Pratama Mandiri. Acara Rolling City sendiri diikuti oleh 30 konsumen ADV150 yang tercatat di main dealer tersebut.(*)

Baca Juga

Editor: Ocky Anugrah Mahesa