Google Mulai Sebar Android 'Nougat', Ini Perangkat yang Kebagian

Android Nougat
Android Nougat (Net)

JAKARTA, KLIKPOSITIF -- Google mulai menyebar Android 7.0 Nougat ke publik, Selasa 23 Agustus 2016. Namun baru menghampiri perangkat Nexus dan Android One. Sedangkan smartphone model lain harus menunggu beberapa minggu lagi.

Dikutip Androidauthority, Selasa 23 Agustus 2016, Sistem Operasi ini bisa diunduh secara over-the-air (OTA) diperangkat tertentu. Adapun perangkat yang kebagian adalah Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player, Pixel C dan Android One.

Selama ini, perangkat Nexus dan Android One memang perdana yang kebagian hal-hal baru dari Google . Sebab keduanya berada di bawah naungan Google .

Baca Juga

Google akan melakukan pembaharuan ini secara bertahap hingga minggu depan. Selain perangkat Nexus dan Android One, handset pertama yang dipastikan langsung memakai Android Nougat adalah LG V20 yang akan segera dirilis.

(Baca: LG V20 Ponsel Pertama yang Menguji Kebolehan Android 'Nougat')

Banyak fitur dan kemampuan baru yang dihadirkan OS terbaru Google ini, seperti menjalankan dua aplikasi bersamaan secara berdampingan, 72 emoji baru, penyetelan beberapa bahasa lokal sekaligus, multi-window view, API Vulkan untuk gamers, kemampuan grafis lebih baik dan juga lebih hemat baterai.

Untuk mengecek apakah perangkat Nexus pengguna sudah menyediakan Android Nougat atau tidak caranya cukup mudah. Pilih "Settings" lalu "About Phone" kemudian tekan opsi "Software Update".

Ketika Nougat sudah tersedia, Nexus pengguna akan segera mengunduhnya. Sebelumnya, pastikan pengguna telah menyalin (back-up) dokumen-dokumen penting.

Baca Juga

Penulis: Qalbi Salim