FBI Belum Bisa Tembus Keamanan iPhone

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Otoritas keamanan dalam negeri Amerika Serikat, FBI dilaporkan belum bisa menembus sistem keamanan iPhone milik pelaku kejahatan. Akibatnya, FBI belum memperoleh data apapun dari iPhone pelaku tindak kriminal

Padahal, FBI telah memiliki metode untuk menembus sistem keamanan iOS. Metode tersebut menggunakan bantuan perusahaan pihak ketiga seperti Cellebrite atau GrayKey Bahkan, dalam beberapa kali kasus FBI sukses membuka iPhone 7 dan iPhone 5, tetapi tidak untuk iPhone pelaku penembakan Pensacola.

Direktur FBI, Christopher Wray, menyebut bahwa FBI masih tengah berusaha untuk mendapatkan bantuan Apple menembus iPhone tersebut. Usaha FBI sejak Januari 2020 kemarin berbuntut cukup panjang. Pasalnya, Apple mendapat tekanan dari berbagai pihak, termasuk kejaksaan tinggi AS hingga Presiden AS, Donald Trump.

Baca Juga

Awal Januari 2020 kemarin terjadi perdebatan cukup sengit antara Apple , FBI, hingga Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Penyebabnya, Apple enggan untuk membantu membuka iPhone pelaku penembakan Pensacola.

Apple hanya memberikan data iPhone yang terdapat pada iCloud. Apple bersikukuh tidak ingin menjebol sistem iOS karena dapat menyebabkan celah keamanan.

Apple menyebut alasan enggan menembus sistem iOS karena dapat mengancam keamanan nasional Amerika Serikat. Situasi yang sama pernah terjadi pada Apple pada 2016 silam. Sejak saat itu, Apple selalu menolak untuk membantu menembus sistem iOS.

Baca Juga

Editor: Ramadhani