Merek Dagang Ponsel Ini Kalahkan Apple dalam Penjualan Smartphone Tahun 2019

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Counterpoint Research merilis sebuah laporan baru yang menyebutkan bahwa Huawei menjadi OEM terbesar kedua pada 2019, mengalahkan Apple di peringkat ketiga. Sementara Samsung berada di urutan pertama secara keseluruhan.

Pangsa pasar Huawei pada 2019 tumbuh dari 14 persen menjadi 16 persen, sementara Apple mengalami penurunan dari 14 persen menjadi 13 persen. Meskipun mengalami penurunan pangsa pasar, pendapatan YoY Apple naik untuk pertama kalinya sejak September 2018.

Sementara untuk pengiriman ponsel, Huawei berhasil melakukan pengiriman sebanyak 238,5 juta unit pada 2019 sedangkan Apple hanya berhasil melakukan pengiriman sebanyak 196,2 juta unit.

Baca Juga

Dilansir dari Android Authority, keberhasilan Huawei sebagian besar disumbang oleh penjualan di tanah airnya. China menyumbang sekitar 60 persen dari pengiriman perusahaan.

Untuk saat ini, ketegangan politik antara Huawei dan pemerintah Amerika Serikat tidak terlalu menghambat penjualan global. Pencapaian yang didapat Huawei saat ini merupakan suatu prestasi besar. Jika Huaewei terus meningkat, kemungkinan besar vendor asal China itu bisa melampaui Samsung dalam waktu yang tidak lama lagi.

Sementara itu, Samsung berhasil melakukan penjualan sebanyak 296,5 juta unit pada 2019. Angka tersebut tidak terlalu banyak jika dibanding pada 2018, di mana Samsung mengirim 291,8 juta unit. Untuk pangsa pasar, Samsung mengalami kenaikan dari 19 persen menjadi 20 persen di tahun 2019. (*)

Baca Juga

Editor: Eko Fajri