Peramban Safari Diketahui Punya Sejumlah Celah Keamanan

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Sejumlah celah keamanan ditemukan pada peramban Safari milik Apple. Celah ini ditemukan oleh Peneliti keamanan digital dari Google

Celah keamanan ini memanfaatkan fitur Intelligent Tracking Prevention yang dibuat untuk melindungi privasi data pengguna dengan metode cross-site tracking. Dikutip dari Financial Times peneliti dan tim Google akan segera membagikan makalah berisi penjelasan untuk celah keamanan yang mereka temukan.

Dalam laporan yang akan dibagikan, Google menjelaskan ada lima serangan berbeda yang dapat terjadi dengan memanfatkan celah keamanan di Safari. Secara singkat, kelemahan yang ditemukan dapat dimanfaatkan untuk mengecoh fitur Intelligent Tracking Prevention. Yaitu bisa mengungkapan kebiasaan pengguna dalam melakukan pencaria di halaman web.

Baca Juga

Google sebelumnya telah memberikan informasi celah keamanan ini kepada Apple. Yaitu pada bulan Agustus 2019. Apple juga sudah memberikan perbaikan pada fitur Intelligent Tracking Prevention di Safari beberapa waktu setelahnya, tepatnya pada Desember 2019.

Dalam catatan perbaikannya, Apple memberikan ucapan terima kasih untuk laporan celah keamanan yang diberikan Google. Namun hari ini, Justin Schuh selaku petinggi di tim keamanan Google Chrome menjelaskan bahwa masih ada celah keamanan yang belum dibereskan oleh Apple. Laman sumber berita juga memberikan tautan untuk penjelasan lengkap celah keamanan yang dimaksud

Editor: Ramadhani