Instagram Akan Hapus Tombol IGTV

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Instagram kini dalam masa percobaan untuk menghapus tombol IGTV di bagian kanan atas tab Home. Dikutip dari Tech Crunch, juru bicara Facebook menjelaskan tujuan dihapusnya tombol IGTV adalah membuat tampilan tetap sederhana.

Keputusan ini diambil setelah melakukan pengamatan pada kebiasaan pengguna dan saran yang didapatkan. Juru bicara Facebook juga mengatakan bahwa tombol IGTV sangat jarang digunakan oleh para pengguna.

Kebanyakan pengguna lebih mudah mengakses konten ke IGTV lewat bagian Feed, Explore, profile dari seorang kreator atau langsung dari aplikasi IGTV. Fitur IGTV baru berusia 18 bulan alias rilis di pertengahan tahun 2018.

Baca Juga

Tujuan Instagram membuat IGTV adalah memberikan wadah baru untuk membagikan konten video dalam durasi lebih panjang dan format tegak. Setelah mendapatkan banyak protes, akhirnya IGTV mendukung orientasi otomatis sehingga memudahkan pengguna mengunggah video mendatar dengan maksimal.

Namun meskipun sudah mendapatkan fitur yang dibutuhkan, tampaknya IGTV masih kurang banyak diminati oleh para kreator. Ini karena Instagram tidak memberikan cara apapun untuk monetisasi konten IGTV, sehingga para kreator tidak mendapatkan keuntungan apapun.

Hal ini tentu berbeda dengan YouTube atau Twitch yang bisa menjadi sumber pemasukan untuk kreator. Yaitu dengan sistem iklan dan donasi dukungan untuk kreator.

Baca Juga

Editor: Ramadhani