Juni Nanti Google Stop Dukungan untuk Aplikasi Chrome

Chrome
Chrome (net)
KLIKPOSITIF

- Google akan mulai menghentikan dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome pada Juni 2020 mendatang. Penghentian ini pun akan dilakukan secara bertahap mulai bulan Maret 2020.

Penghentian dukungan untuk aplikasi Chrome ini disebabkan karena minimnya jumlah pengguna. Tercatat hanya sekitar satu persen dari pengguna Chrome yang menggunakan layanan-layanan tersebut. Aplikasi Chrome sendiri merupakan aplikasi yang dibuat berbasis web yang dapat digunakan pada browser Google Chrome.

Aplikasi Chrome dapat diunduh dan dipasang melalui Chrome Web Store. Ada beragam aplikasi yang bisa diunduh di sana yang bisa menunjang produktifitas pengguna. Dikutip KompasTekno dari The Verge, Sabtu (18/1/2020), aplikasi Chrome yang sudah terlanjur terpasang, hanya akan menjadi tombol jalan pintas untuk menuju web resmi dari aplikasi tersebut.

Baca Juga

Berikut adalah rincian jadwal penghentian dukungan aplikasi Chrome secara bertahap:

Maret 2020: Chrome Web Store tak akan menerima aplikasi Chrome baru. Pengembang tetap akan memberikan pembaharuan pada aplikasi Chrome apps yang sebelumnya telah dipasang hingga Juni 2022.

Juni 2020, Berakhirnya dukungan untuk aplikasi Chrome pada Windows, Mac dan Linux. Khusus pelanggan yang memiliki layanan Chrome Enterprise dan Chrome Education Upgrade tetap akan mendapat akses dan pembaruan hingga Desember 2020.

Desember 2020: Berakhirnya dukungan untuk Chrome Apps pada Windows, Mac dan Linux.

Juni 2021: Berakhirnya dukungan NaCl, PNaCl, dan PPAPI APIs pada Chrome Apps. Juni 2021: Berakhirnya dukungan untuk Chrome Apps pada Chrome OS. Pelanggan yang memiliki akses Chrome Enterprise dan Chrome Education Upgrade akan mendapat masa perpanjangan hingga Desember 2022 Juni 2022: Berakhirnya dukungan untuk semua pengguna Chrome Apps pada Chrome OS.

Editor: Ramadhani