Hadapi Persaingan, Ada Peluang Nissan-Honda Bakal Bermitra

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Banyak pihak menilai terbuka peluang besar antara Nissan dan Honda untuk menjalin kemitraan.

Analis LightStream Research, Mio Kato mengatakan strategi yang dilakukan Toyota dengan menggandeng beberapa perusahaan otomotif yang lebih kecil seperti Mazda dan Suzuki menjadi sebuah ancaman. Walaupun dalam hal ini, Honda belum pernah melakukan merger dan akuisisi yang agresif.

"Dengan daya saing Toyota yang meningkat, kami merasa jika Nissan menginginkan mitra aliansi untuk menggantikan Renault, Honda mungkin tidak sepenuhnya menentang gagasan itu," tulis Mio Kato dikutip dari Bloomberg.

Baca Juga

Mio Kato menambahkan, bahwa produsen mobil akan cenderung bermitra mengingat beban investasi yang terus meningkat selama beberapa tahun terakhir. Dia juga mengindikasikan bahwa industri otomotif di Jepang pada akhirnya akan pecah menjadi dua kelompok besar.

Dengan menggandeng Honda akan mendongkrak volume unit menjadi sekitar 12 juta unit per tahun yang sebelumnya hanya di bawah 11 juta unit. Sebab seperti diketahui Honda memproduksi kendaraan yang lebih besar daripada Renault.

"Nissan memang memiliki kemungkinan untuk melunak di depan calon mitra, sementara itu Toyota yang ambisius terus bergerak maju dapat memicu perubahan drastis bagi perusahaan," tutup Mio Kato.

Editor: Ramadhani