Hyundai-Uber Buat Taksi Terbang

Hyundai
Hyundai (net)

KLIKPOSITIF - Hyundai memamerkan pesawat konsep taksi udara miliknya. Taksi udara ini diciptakan melalui proses desain terbuka Uber, penyedia transportasi berbasis aplikasi.

Dalam ajang Consumer Electronics Show 2020 di Las Vegas, Hyundai mengumumkan kemitraan dengan ilham dari NASA yang memulai inovasi dengan meluncurkan konsep desain kendaraan secara publik. Dalam kemitraan ini, Hyundai akan memproduksi dan menggunakan kendaraan udara, sedangkan Uber akan menyediakan layanan dukungan wilayah udara, koneksi ke transportasi darat, dan antarmuka pelanggan melalui jaringan berbagi perjalanan udara.

"Visi kami tentang Urban Air Mobility akan mengubah konsep transportasi perkotaan," begitu papar Jaiwon Shin, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Divisi Urban Air Mobility (UAM) Hyundai, dalam pernyataan resmi yang dikutip kantor berita Antara pada Selasa (7/1/2020).

Baca Juga

Berbincang soal spesifikasi, Hyundai yang bekerja sama dengan Uber Elevate mengembangkan model PAV (Personal Air Vehicle), S-A1, yang menggunakan proses desain inovatif buat mengoptimalkan pesawat lepas landas dan mendarat vertikal (eVTOL). Model ini disebut sebagai model S-A1 Hyundai dan mencerminkan desain eVTOL sebelumnya yang telah dirilis Uber Elevate.

"Hyundai adalah mitra kendaraan pertama kami yang telah berpengalaman memproduksi mobil penumpang dalam skala global. Kami percaya Hyundai memiliki potensi membangun kendaraan Uber Air dengan harga yang tidak ada di industri kedirgantaraan saat ini, memproduksi pesawat terbang yang berkualitas tinggi dan dapat diandalkan dengan volume tinggi untuk menurunkan biaya penumpang per perjalanan," ujar Eric Allison, kepala Uber Elevate.

Sebagai catatan, sebelum menjalin kemitraan dengan Hyundai untuk taksi udara ini, Uber juga pernah melahirkan konsep UberAir. Yaitu layanan angkutan masa depan dari helipad ke helipad di berbagai tempat permukiman, kantor, sampai destinai wisata.

Baca Juga

Penulis: Ramadhani | Editor: Rezka Delpiera