Apple Diguguat Lantaran Radiasi iPhone Terlalu Tinggi

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF- Apple mendapat gugatan hukum terkait pelanggaran aturan radiasi alat elektronik. Gugatan ini dilakukan oleh firma hukum yang berbasis di Chicago, bernama Fegan Scott.

Dilansir dari MacRumors, Fegan Scott juga menuntut Samsung atas pelanggaran yang sama. Menurut mereka, unit iPhone yang dipasarkan saat ini mengeluarkan level radiasi yang melebihi batas aturan.

Dasar dari tuntutan ini adalah laporan dari The Chicago Tribune pada bulan Agustus lalu. Saat itu mereka merilis hasil pantauan radiasi dari radiofrekuensi pada sejumlah unit iPhone 7.

Baca Juga

Pihak Chicago Tribune mengaku menyewa laboratorium terakreditasi untuk melakukan uji coba ini. Tentunya semua uji coba juga berdasarkan dengan ketentuan yang sudah tercantum dalam peraturan federal.

Hasilnya memang menunjukkan kalau unit iPhone memiliki level radiasi yang cukup berbahaya. Apple kemudian membantah hasil uji coba tersebut karena penilaiannya tidak sesuai dengan prosedur yang dilakukan Apple.

Menurut Apple, semua model termasuk iPhone 7 sudah sepenuhnya mendapatkan sertifikasi dari Federal Communications Commission (FCC). Bukan cuma itu, kandungan radiasi dari iPhone juga sudah mendapatkan izin dari semua negara yang menjadi pasar Apple.

Kali ini Fegan Scott kembali melakukan uji coba dan menemukan kadar radiasi yang berlebihan. Fegan Scott menyewa laboratorium yang sudah mendapat sertifikat dari FCC untuk uji coba ini.

Enam model ponsel diuji dalam jarak mulai dari 0 samapi 10 milimeter untuk mengukur dampak radiasi. Hasilnya, iPhone 8 dan Samsung Galaxy S8 ternyata mengeluarkan radiasi dua kali lebih besar dari aturan FCC pada jarak 2 milimeter saja.

Bahkan pada jarak 0 milimeter, Galaxy S8 mengeluarkan radiasi 5 kali lebih besar dari ketentuan. Fegan Scott saat ini melaporkan unit iPhone 7 plus, iPhone 8, dan iPhone XR, serta Samsung Galaxy S8, S9, dan S10.

Editor: Ramadhani