Dituduh Mencuri, Google Digugat ke Meja Hukum

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Google dibawa ke meja hukum lantaran diduga melakukan pencurian. Pihak yang menggugat adalah Genius, sebuah situs web lirik lagu terbesar yang menggugat Google dengan tuduhan pencurian lirik lagu.

Genius mengatakan bahwa Google menyalin lirik lagunya dan menampilkannya dalam hasil pencarian. Genius menduga pada awal tahun ini beberapa lirik lagu telah disalin Google dari situs webnya.

Kini Genius melayangkan gugatan atas lirik yang dicuri kepada Google dan mitra lirik LyricFind, karena melanggar ketentuan layanan serta meminta ganti rugi sebesar 50 juta dolar AS. Gugatan yang diajukan di Brooklyn, New York, pada 3 Desember menyebutkan bahwa tindakan Google tidak hanya melanggar persyaratan layanannya, tetapi juga merugikan.

Genius memang dikenal sebagai platform untuk mencari lirik lagu dan membuat anotasi lirik. Situs ini menggunakan trik watermarking dengan tanda kutip lurus dan melengkung untuk membuktikan bahwa Google telah menyalin lirik lagu dari situsnya.

Dilansir laman The Verge, Google merespon dengan mengatakan bahwa perusahaannya melisensikan lirik lagu dari berbagai sumber, termasuk LyricFind. Kemudian meminta LyricFind untuk menyelidiki masalah ini.

Menariknya, baik Genius dan Google memegang lisensi dari penerbit musik untuk mencetak lirik lagu dan membuat gugatan lebih berfokus bagaimana Google mendapatkan lirik untuk ditampilkan di halaman pencarian.

Terbaru, menurut pengadilan pengambilan data dari web tidak termasuk tindakan ilegal. Tapi beberapa web seperti Genius memang memiliki kebijakan untuk melarang penyalinan data dari situsnya.

Editor: Ramadhani