Produksi Apple Bakal Lewati Huawei di Kuartal Keempat

"produksi iPhone diperkirakan akan mencapai 69 juta unit dengan pangsa pasar sebesar 18,7 persen."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Apple diperkirakan akan mengalahkan posisi Huawei dalam peringkat dunia di kuartal keempat pada 2019 ini. Laporan TrendForce menunjukkan produksi global smartphone pada kuartal ketiga tahun ini tumbuh sebesar 9,2 persen.

Pada kuartal ketiga masih dikuasai Samsung dengan 20,8 persen pangsa pasar. Secara kuantitatif, Samsung telah mengirimkan sebanyak 78,1 juta unit smartphone dengan peningkatan secara tahunan 7,8 persen.

Sementara Huawei berada di urutan kedua dengan pangsa pasar sebesar 18 persen. Pangsa pasar Huawei pada kuartal ketiga ini meningkat mencapai 67,5 juta unit smartphone dengan pertumbuhan 13,4 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Sedangkan Apple di peringkat ketiga dengan pangsa pasar sebesar 12,4 persen dengan 46,7 juta unit smartphone. Analis mencatat adanya peningkatan produksi iPhone dibandingkan dengan kuartal kedua tahun ini.

Dengan begitu, secara total ada sekitar 375,2 juta unit smartphone yang diproduksi pada kuartal ketiga pada 2019. Tetapi pada kuartal keempat, analis memperkirakan akan terjadi penurunan permintaan dengan jumlah total 368,4 juta unit perangkat.

Jika dilihat dari laporan, penurunan produksi akan terjadi pada semua vendor smartphone kecuali Apple. Dilansir laman Gizchina, analis memperkirakan kuartal keempat tahun ini Apple akan mengalahkan peringkat Huawei dan naik menjadi peringkat kedua.

Diperkirakan produksi iPhone akan mencapai 69 juta unit dengan pangsa pasar sebesar 18,7 persen. Sementara Huawei hanya sebesar 14,9 persen. Meski mengalami penurunan, Samsung diprediksi tetap menduduki peringkat pertama dengan pangsa pasar 20,1 persen di kuartal keempat pada 2019.