Ponsel Anda Berprosesor Qualcomm? Waspadai Celah Keamanan 'QuadRooter'

Aplikasi scanner QuadRooter
Aplikasi scanner QuadRooter (Net)

JAKARTA, KLIKPOSITIF -- Smartphone dan tablet Android yang mengusung chipset Qualcomm dalam keadaan berbahaya. Pasalnya kerentanan keamanan terdeteksi pada perangkat tersebut melalui celah keamanan 'QuadRooter'.

'QuadRooter' dapat membiarkan hacker membajak perangkat pengguna. Jumlah ponsel yang terancam diprediki mencapai 900 juta bagi pengguna Android , dihitung dari jumlah produk pengguna chipset Qualcomm, seperti Google, HTC dan Samsung, dikutip dari Techtimes, Kamis 11 Agustus 2016.

Beberapa perangkat flagship yang berpotensi rentan terhadap hacking seperti HTC One, BlackBerry Priv, Google Nexus 5X dan 6P, OnePlus 3 dan beberapa varian dari Samsung Galaxy S7 dan S7 edge.

Baca Juga

Lembaga riset Check Point yang mengumumkan celah keamanan ini. Check Point menyebutkan ada empat celah keamanan di 'Quadrooter'. Namun, tiga dari empat celah itu sudah ditutup melalui pembaruan Google. Sementara celah yang masih ada dalam proses penanganan dan akan selesai dalam waktu dekat.

QuadRooter sendiri merupakan aplikasi scanner gratis yang bisa didapatkan di Google Play Store. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mendiagnosa perangkat mereka dan men-download patch untuk memperbaiki masalah-masalah tertentu.

Baca Juga

Penulis: Qalbi Salim