Facebook Rilis Layanan Pembayarn Digital Bernama Facebook Pay

"Facebook Pay diluncurkan dengan metode di berbagai platform, mulai dari Facebook, Messenger, WhatsApp, dan Instagram"
Facebook (net)

KLIKPOSITIF-Facebook telah merilis mata uang digitalnya Libra. Namun Libra tdak bakal menjadi alat pembayaran digital satu-satunya. Pasalnya Facebook telah memperkenalkan layanan terbarunya bernama Facebook Pay.

Facebook Pay diluncurkan dengan metode di berbagai platform, mulai dari Facebook, Messenger, WhatsApp, dan Instagram. Layanan Facebook Pay dapat digunakan untuk membayar barang di Facebook Marketplace, membeli produk di Instagram, atau sekedar melakukan transfer antar platform.

Bahkan, pengguna dapat melakukan donasi hanya menggunakan Facebook Pay. Facebook mengumumkan akan membagi fitur ini pada aplikasi Facebook dan Messenger di Amerika Serikat terlebih dahulu. Sementara Instagram dan WhatsApp akan mulai mendapat layanan Facebook Pay dalam beberapa waktu mendatang untuk negara selain Amerika Serikat.

baca juga: Soal Kebocoran Data, Facebook Bayar Denda Rp 9,1 Miliar kepada Inggris

Metode pembayaran Facebook Pay dapat menjadi pesaing ketat Apple Pay dengan mengadopsi sistem yang sama. Deborah Liu, VP Marketplace & Commerce Facebook menyatakan bahwa teknologi Facebook Pay akan membuat transaksi keuangan lebih cepat, mudah, dan lebih aman.

Facebook Pay akan mendukung transaksi dengan kartu debit, kredit, maupun PayPal. Untuk keamanan, Facebook Pay mengadopsi sistem Face Recognition, sidik jari, hingga PIN. Sebagai informasi, Facebook Pay berbeda dengan Calibra Wallet yang tengah dikembangkan oleh Facebook dan puluhan perusahaan teknologi lainnya. Facebook Pay dapat menjadi percontohan bagaimana Libra bekerja saat rilis 2020 mendatang.