Apple Watch Masih Jadi Penguasa Pasar Smartwatch

"Apple Watch terus meninggalkan para pesaingnya seperti fitbit."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Apple Watch masih menguasai pasar smartwatch. Hasil ini diketahui dari laporan performa positif Apple di kuartal ketiga 2019.

Laporan smartwatch global kuartal ketiga 2019 menunjukkan bahwa Apple Watch masih menguasai pasar. Bahkan, Apple Watch terus meninggalkan para pesaingnya seperti fitbit.

Data terbaru tersebut disampaikan oleh lembaga riset internasional, Strategy Analytics. Distribusi Apple Watch tumbuh sebesar 51 persen bila dibandingkan pada kuartal ketiga 2018 lalu. Distribusi Apple Watch meningkat dari 4,5 juta unit pada kuartal ketiga 2018 menjadi 6,8 juta unit di kuartal ketiga 2019.

baca juga: Nasdem Beberkan Kriteria Capres yang Akan Diusung di Pilpres 2024

Bila dilihat dari penguasaan pasar smartwatch, Apple secara konsisten masih menguasai pasar. Bahkan, Apple hampir menguasai setengah pasar smartwatch global dengan 47,9 persen. Penguasaan tersebut tumbuh dari kuartal ketiga 2018 yang mencatat penguasaan pasar 45 persen.

Dari catatan tersebut berarti Apple menguasai hampir setengah pasar smeartwatch dunia. Sementara Fitbit justru alami penurunan, dari menguasai 15 persen pasar smartwatch global pada kuartal ketiga 2018 menjadi 11,3 persen pada 2019.

Namun persaingan Apple dan Fitbit akan berlangsung ketat pada beberapa waktu mendatang. Sebab, Google telah mengakuisisi Fitbit baru-baru ini.