Ingin Aki Lebih Awet, Begini Cara Merawatnya

"Aki adalah salah satu unsur kelistrikan terpenting pada kendaraan"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Aki adalah salah satu unsur kelistrikan terpenting pada kendaraan, baik sepeda motor ataupun mobil. Namun, aki juga tidak luput dari masalah seperti aki tekor atau tidak bisa lagi dicharge.

Aki tekor sering menjadi momok terbesar bagi pemiliki mobil. Aktivitas sehari-hari bisa jadi terganggu karena kendaraan tidak bisa dihidupkan. Ada caranya agar aki mobil awet dan tahan lama, berikut langkah sederhananya:

Memanaskan mobil secara rutin
Untuk memperpanjang umur aki, alangkah lebih baik memanasi mesin dengan durasi 5 -10 menit perhari sebelum melakukan perjalanan atau tidak melakukan perjalanan sekalipun. Selain itu kebersihan aki juga harus dijaga. Aki yang kotor menyebabkan mudah tekor karena arus listrik sulit mengalir. Mintalah bantuan bengkel langganan untuk membersihkan aki.

Baca : Ingin Cat Mobil Tetap Awet, Ini Tips Sederhananya

Periksa ketersediaan sistem listrik dalam aki
Agar lebih awet dan tahan lama, rajinlah untuk memeriksa sistem kelistrikan aki agar mesin mobil tetap menyala. Jika sudah menipis, segeralah isi ulang aki mobil kalian. Di pasaran tersedia aki basah dan aki kering. Agar tidak menyesal setelah ganti aki, pilihlah aki sesuai tipe mobil.